SOLOPOS.COM - Ilustrasi memanaskan mesin motor (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Meski sudah sering dibahas, masih ada sebagian orang yang ragu kewajiban memanaskan mesin motor di pagi hari itu mitos atau fakta.

Mengenai hal ini, tentu memanaskan mesin motor di pagi hari adalah sebuah kewajiban. Artinya, ini adalah fakta.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Seperti dikutp dari laman Wahanahonda, memanaskan mesin motor di pagi hari adalah salah satu langkah penting dalam perawatan sepeda motor.

Dan ini  menjadi hak dari motor yang perlu dilakukan dan diperhatikan, agar performa mesin tetap optimal ketika digunakan.

Memanaskan mesin motor merupakan hal umum didengar di masyarakat. Begini fungsi sebenarnya memanaskan motor sebelum digunakan.

 

  • Mendongkrak kualitas aki

Sepeda motor yang jarang digunakan membuat aki pada motor perlu di-charge agar tidak drop. Nah, dengan menyalakan motor di pagi hari akan membantu aki melakukan charging otomatis ketika sepeda motor telah langsam.

 

  • Sirkulasi oli ke mesin

Memanaskan sepeda motor membuat oli bersirkulasi ke ruang mesin sehingga komponen mesin yang bergesekan dapat terlumasi dengan baik.

 

  • Suhu kerja ideal

Dengan memanaskan sepeda motor, mesin akan mencapai suhu ideal sehingga kerja mesin jadi lebih optimal dan sepeda motor siap untuk digunakan.

Namun seiring perkembangan teknologi mesin sepeda motor terbaru, pemilik sepeda motor baru tak perlu lagi memanaskan mesin sebelum beraktivitas. Karena teknologi pada motor modern kebanyakan sudah dilengkapi dengan sensor-sensor pendukung yang membuat kinerja mesin jadi lebih sempurna.

Meski demikian, pemilik sepeda motor tetap diperbolehkan melakukan pemanasan mesin dengan catatan melakukannya sesuai dengan yang dianjurkan.

Seperti cukup nyalakan motor dan diamkan beberapa saat tanpa harus memutar-mutar tuas gas.

Atau ketika motor sudah lama tidak digunakan sehingga butuh perlakuan khusus agar mesin sepeda motor dapat kembali normal setelah lama tidak digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya