Memanas! Posisi Ketua Fraksi Partai Golkar-PSI di DPRD Solo Digoyang

Partai Golkar Solo mengajukan penggantian Ketua Fraksi Partai Golkar-PSI DPRD Solo, Taufiqurrahman, namun belum diproses.

 Wakil Ketua DPRD Solo, Taufiqurrahman. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPRD Solo, Taufiqurrahman. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kedudukan Ketua Fraksi Partai Golkar-PSI DPRD Solo digoyang. Jabatan itu sejak 2019 dipegang Sekretaris DPD Partai Golkar Solo, Taufiqurrahman.

Legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Solo yang meliputi Kecamatan Pasar Kliwon dan Serengan (Paser) itu pada periode 2019-2024 juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Solo. Posisi Taufiq, panggilan akrabnya, akan digantikan Agus Nuryanto.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Agus merupakan wakil rakyat Partai Golkar dari Dapil IV Solo. Surat dari DPD Partai Golkar Solo ihwal pergantian posisi Ketua Fraksi Partai Golkar-PSI sudah dilayangkan ke pimpinan DPRD Solo beberapa bulan lalu.

Namun hingga saat ini belum diproses. Hal itu diakui Taufiq saat ditemui wartawan di Kompleks DPRD Solo pekan lalu. “Oh [surat] sudah masuk, ke kami juga secara pribadi sudah masuk. Belum bisa ditindaklanjuti DPRD karena memang ini dua DPD, dua organisasi itu kalau DPRD,” ujarnya.

Taufiq menjelaskan ada beberapa faktor yang membuat surat penggantian struktur Fraksi Partai Golkar-PSI belum diproses. Pertama terkait prosedur normatif, yang mana fraksi ini merupakan gabungan antara Partai Golkar dengan PSI.

Baca Juga: Gonjang-Ganjing Partai Golkar Solo, Mosi Tak Percaya Untuk Kus Rahardjo

“Prosedurnya harus jelas. Pertama, kami ini bukan Fraksi Golkar saja, tapi Fraksi Golkar-PSI. Berarti harus dua parpol ini membuat satu keputusan. Harus ada surat bersama-sama. Berarti harus antara PSI dan Partai Golkar bersepakat terlebih dulu,” urainya.

Pertimbangan lain, menurut Taufiq, tidak adanya dasar bagi internal DPD Partai Golkar Solo untuk mengambil keputusan itu. Sebab, dia menjelaskan seharusnya ada rapat pleno untuk mengambil keputusan pergantian struktur Fraksi Partai Golkar-PSI DPRD Solo.

Rapat Pleno

“Dasarnya kan harus rapat pleno, ya ta? Plenonya berapa orang yang rapat, kan begitu ta. Harus didasari rapat pleno, bukan rapat pleno diperluas. Apalagi diperluas dengan orang lain yang di luar struktur partai. Jadi harus rapat pleno,” terangnya.

Baca Juga: Digoyang Pengurus, Ini Kata Ketua DPD Partai Golkar Solo Kusrahardjo

Menurut Taufiq, DPD Partai Golkar Solo tidak melakukan rapat pleno dimaksud. Tapi malah menggelar rapat pleno yang diperluas. Faktor lain yang membuat surat dari DPD Partai Golkar Solo belum diproses karena tak ada tanda tangan sekretaris.

“Surat kalau ditujukan keluar, itu PO [peraturan organisasi] Golkar, harus Ketua dan Sekretaris menandatangani. Selama ini yang menandatangani adalah Ketua dan Wakil Sekretaris. Sekretaris tidak tanda tangan, wong ndak diminta kok,” katanya.

Taufiq menyatakan tak pernah menandatangani surat itu. “Saya kan sekretarisnya,” ujarnya. Diberitakan sebelumnya, internal Partai Golkar Solo dilanda gonjang-gonjang menyusul adanya mosi tidak percaya yang dilayangkan Forum Peduli Partai Golkar Solo terhadap sang Ketua DPD, Kusrahardjo.

Baca Juga: Gonjang-Ganjing, Kantor DPD Partai Golkar Solo Akan Diduduki & Disegel

Surat itu telah dilayangkan kepada DPD Partai Golkar Jateng beberapa bulan lalu. Namun menurut Taufiq, surat pergantian struktur Fraksi Partai Golkar-PSI lebih dulu dilayangkan ke DPRD Solo, dibandingkan dengan gerakan yang dilakukan FP2GS.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), bisa disimikan pada artikel ini.

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.

      Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

      Warijo, 62, berjualan es puter di Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (14/8/2022) siang.