SOLOPOS.COM - Erwin Cahyo Saputro / Finalis no. 15

Erwin Cahyo Saputro / Finalis no. 15

Erwin Cahyo Saputro / Finalis no. 15

1. TINGKATKAN KWALITAS DAN PRODUKSI PANGAN.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Karena kabupaten sukoharjo terkenal dengan produksi pangannya,terutama dari hasil pertanian.Maka dari itu,kwalitas dan pengolahannya harus tetap terjaga.Agar produksinya tetap terjamin dan bisa memuaskan para konsumen.Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan para petani.Karena mayoritas petani di kabupaten sukoharjo itu dari kalangan bawah/masyarakat kecil.Seperti memberikan pupuk bersubsidi,perbaikan gorong-gorong/saluran irigasi agar dimusim penghujan tidak banjir dan menyebabkan gagal panen,memberikan pelatihan pemberantasan hama tanaman,memberikan bantuan bibit unggul.Sehingga nantinya, kabupaten sukoharjo bisa menghasilkan produksi pangan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

2. MEMPERBAIKI  JALAN YANG RUSAK DI DESA TERPENCIL.

Karena di desa-desa terpencil itu masih banyak jalan yang rusak dan tidak terjangkau oleh kendaraan umum.
Bahkan mobil pribadi pun harus rela di parkir di kantor kelurahan,karena jalan menuju tempat tinggalnya sudah tidak layak untuk dilewati.Oleh karena itu pembangunan jalan sangat diharapkan oleh masyarakat sekitar.
Jalan disekitar selatan umumnya banyak yang sudah harus di perbaiki oleh karena itu pemerintah daerah musti sigap menangani hal ini karena ini adalah akses dimana orang nyaman melintas maupun aman dan bisa memperlancar jalur pendistribusian produk lokal dari sukoharjo sehingga menguntungkan bagi pemda setempat.

3. MENGHIDUPKAN SISKAMLING & MEMBERI PELATIHAN KEPADA HANSIP.

Karena secara tidak langsung itu,hansiplah yang memberi rasa aman dan nyaman bagi warga/masyarakat di sukoharjo.Dan ronda malam pun harus kembali diterapkan oleh masyarakat.karena apa?karena sekarang lagi marak-maraknya terorisme,dan kabupaten sukoharjo pun di cap sebagai sarang teroris.Padahal kabupaten Sukoharjo itu adalah kota yang Maju~Aman~Konstitusional~Mantap~Unggul~Rapi.Oleh karena itu,SISKAMLING dan HANSIP harus dihidupkan lagi.Agar bisa mempersempit pergerakan para teroris,khususnya di Kabupaten Sukoharjo Makmur ini.Dan peran dari masyarakat pun sangat di butuhkan untuk menunjukkan dan membuktikan kepada dunia,bahwa Kabupaten Sukoharjo itu bukan sarang teroris.Tapi,Kabupaten Sukoharjo itu adalah kota yang aman,nyaman dan berbudaya.Serta Kabupaten Sukoharjo lebih unggul dalam segala aspek/bidang dari daerah-daerah yang ada di indonesia.

4. Berperan Dalam Pembangunan Daerah

Bentuk apresiasi positif terhadap keberanian kebijakan pemda Sukoharjo ialah elemen masyarakat berjejaring untuk menumbuhkan kesadaran dan kemandirian masyarakat. Peran organisasi masyarakat (ormas), LSM dan organisasi kepemudaan (OKP) sebagai inisiator kultural terhadap peningkatan kesadaran masyarakat menjadi penting artinya. Peningkatan kesadaran yang dilakukan pemerintah seringkali terhambat dengan pola strukturalis yang dibangun. Sementara elemen masyarakat merupakan bentuk komunitas berkesadaran yang berada di tengah masyarakat sendiri. Sehingga program-program dukungan elemen masyarakat terhadap kebijakan pendidikan dan kesehatan gratis berada pada pembentukan masyarakat pembelajar dan pola hidup sehat.

Pemda pada dasarnya mengalokasikan dana untuk pengembangan masyarakat, sekolah, pelatihan dan operasional ormas dan OKP. Namun seringkali dana-dana tersebut digunakan untuk kegiatan yang bersifat proyek tanpa kesinambungan tujuan. Sehingga mata anggaran potensial untuk bisa mendukung peningkatan kemandirian dan kesadaran masyarakat habis untuk kegiatan yang bersifat momentum. Bila dana ini dapat digunakan dengan optimal maka terdapat program yang berjejaring secara horisontal di tengah-tengah masyarakat. Yang didukung kebijakan pemda secara vertikal dalam struktur sosial masyarakat.

Maka perlu untuk disusun sebuah nota kesepahaman bersama antara Pemda, ormas, OKP, LSM dan komunitas masyarakat dalam menyusun perencanaan tindakan strategis tatakelola (governance) Kab. Sukoharjo. Tindakan strategis disusun dalam rentang dan pola waktu tertentu yang saling terkait dalam mewujudkan sebuah tujuan besar. Serta memiliki luaran yang diorientasikan untuk dapat berkembang menjadi budaya di tengah-tengah masyarakat. Faktor penting dalam meningkatkan kemandirian dan kesadaran masyarakat ialah terletak pada arah perubahan mental. Yaitu bagaimana menciptakan nilai sosial baru yang membudaya dalam mendukung kesejahteraan masyarakat Sukoharjo.

5. PERBAIKI FASILITAS PARIWISATA

Tanpa adanya perbaikan dari pemda setempat tidak mungkin pemasukan di sector pariwisata akan bertambah malah justru akan merosot tajam,untuk itu pemda wajib mencari dana untuk memperbaiki fasilitas yang ada dan menarik dana kontribusi bagi pengunjung wisata agar dana tersebut bisa menjadi anggaran daerah yang mempunyai fungsi sebagai tunjangan dana perbaikan tempat wisata.Dan tidak lupa pula promosi pun juga di perlukan agar masyarakat tahu lokasi dan daya tarik tempat wisata tersebut, dengan begitu sukoharjo mampu meningkatkan kinerja dan pembangunan tempat-tempat wisata agar wisatawan dari mancanegara tidak asing dengan Sukoharjo yang tidak kalah menariknya dengan kota Solo.

6. PENATAAN PASAR DAERAH

Penataan ini pun perlu di benahi karena pasar daerah juga punya potensi dalam segi kemajuan ekonomi agar tidak terlihat kumuh, bupati pun perlu merelokasi adanya pasar yang menyalahi tempat menjual dagangan dan kemudian memindahkan ke tempat dimana masyarakat mampu mengetahui letak dan tidak kebingungan saat mencari barang yang akan di beli.Memberi lahan yang strategis agar investor mau mendirikan pasar swalayan di daerah tersebut dengan demikian ekonomi daerah Sukoharjo akan meningkat dan angka inflasi pun mampu ditekan dengan adanya perusahaan dan pasar swalayan yang didirikan disitu.

7. BERANTAS PEJABAT  YANG KKN

Hal ini yang mungkin sulit dihilangkan karena semua orang juga ditekan oleh kebutuhan sehingga perlu tambahan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.Tetapi bukan untuk pejabat karena mereka sudah mendapat gaji dari pemerintah namun terkadang mereka juga tergiur akan tambahan tersebut, oleh karena itu berantas dan minimalkan angka KKN yang ada di Sukoharjo supaya pembangunan lancar agar masyarakat makmur dan sentosa.Pejabat seharusnya tidak mementingkan hal yang bisa menguntungkan bagi dirinya sendiri tetapi untuk kemajuan daerahnya agar Kabupaten Sukoharjo tidak semakin terpuruk.Jangan ada pejabat yang mau menerima suap karena itu akan menjadi budaya jelek yang akan turun temurun ke cucu-cucunya kelak.Pastikan kita bersama mencegah tindak KKN yang da di lingkup Kabupaten Sukoharjo agar dana atau sumbangan dari investor dapat dipergunakan seutuhnya untuk membangun daerah sukoharjo dengan cepat da tepat waktu.

8. TANAMKAN JIWA KECINTAAN PADA GENERASI MUDA SUKOHARJO

Bila seorang anak dilahirkan di dunia sudah pasti nantinya dia akan diajarkan untuk dapat menata kehidupan dan cita-citanya, begitu pula mereka para penerus bangsa juga yang berasal dari sukoharjo harus ditanamkan jiwa untuk mau meningkatkan daerahnya sehingga dia akan menciptakan suatu peluang yang bisa di pakai untuk kemajuan Kabupaten Sukoharjo ini.Dengan begitu mereka sakan senantiasa mempertahankan dan menjunjung nama baik kota Sukoharjo dimana pun mereka berada.

9. PENYULUHAN TENTANG TEKHNOLOGI DAN INFORMASI

Seluruh masyarakat sudah tentu berbeda-beda tingkat pendidikanya, oleh karena itu pemerintah daerah Sukoharjo perlu mengadakan adanya penyuluhan tentang teknologi dan informasi agar tidak ketinggalan jaman.Karena di Kabupaten sukoharjo mayoritas orang rendah pendidikan maka perlu di ajarkan bagaimana untuk menggunakan teknologi masa kini dan mendapat serta mengolah informasi dengan tekonologi tersebut sehingga dengan begitu akan mengurangi angka buta teknologi di Sukoharjo dan mampu menciptakan kreasi yang diolah dengan teknologi baru.

Demikian saran dari saya sebagai msyarakat sukoharjo yang peduli akan kabupaten sukoharjo yang selama ini tidak tersorot oleh banyak orang dari segi positif, dengan ini hendaknya semua masyarakat sukoharjo akan sadar bahwa pentingnya membangun sukoharjo bersama-sama dan tidak hanya mengandalkan semua ke pemerintah setempat namun mari bergotong royong membangun Sukoharjo agar lebih makmur dari segala aspek untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Tentang Penulis / Finalis no. 15

Nama :  Erwin Cahyo Saputro
TTL :  Sragen, 20 Juni 1992
Alamat :  Jati  Rt 06/ Rw 04 Cemani, Grogol,  Sukoharjo
Moto : Gak Perlu Ragu Buat Maju Karena Kita Mampu
Perwakilan : –

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya