BMW X1 eDrive 25e. (Okezone)

Solopos.com, SOLO — Produsen mobil asal Jerman, BMW, akan meluncurkan model mobil terbarunya, BMW X1 xDrive 25e, pada Maret 2020 mendatang. Mobil tersebut kabarnya akan djual dengan harga sekitar Rp48.000 Euro atau sekitar Rp720 juta.

Selang beberapa bulan, BMW juga akan meluncurkan X2 xDrive 25 e. Dilaporkan Okezone, Rabu (29/1/2020), BMW memiliki target untuk dapat meluncurkan 25 model kendaraan elektrifikasi baru pada 2025 mendatang.

Fokus mengembangkan lini kendaraan elektrifikasi memang sedang dilakukan BMW pada jenis SUV tahun ini. Hal tersebut dilakukan dengan menambahkan dua varian tipe kendaraan plug-in hybrid yakni X1 dan X2 xDrive 25e.

Kedua tipe kendaraan tersebut akan turut tampil dalam ajang pameran otomotif Geneva Motor Show pada Maret nanti. Rangkaian mesin yang digunakan pada kedua jenis mobil ini disebut sama persis, yakni tiga silinder berkapasitas 1.5 L dengan perangkat turbo.

Kekuatannya disebut menyentuh sekitar 125 hp dengan torsi puncak sebesar 220 Nm. Seluruh kekuatan dari mesin konvensional ini diarahkan menuju sistem penggerak roda depan melalui sistem transmisi otomatis enam percepatan.

Dukungan motor listrik sebagai rangkaian penggerak elektrifikasinya, dipasang pada bagian as roda belakang dengan kekuatan sebesar 70 kW atau sekitar 95 hp dengan torsi puncak 165 Nm.

Total kombinasi kekuatan rangkaian penggerak ini mencapai 220 hp dengan torsi 385 Nm, adanya penggabungan kekuatan ini juga memungkinkan model BMW X1 dan X2 melaju dengan sistem penggerak empat roda (AWD).

Paket baterai sebesar 10 kWh juga berjalan sebagai penyimpan daya untuk menjalankan X1 dan X2 xDrive 25e dengan mode listrik penuh. Jarak jelajah kedua model kendaraan tersebut dengan menggunakan tenaga baterai diperkirakan berada di kisaran 54 sampai 57 kilometer.

Paket baterai ini bisa terisi penuh selama 5 jam pengisian di rumah, atau 3 jam melalui fasilitas BMW i Wallbox. BMW disebut memasang tiga mode berdasarkan sumber tenaga penggerak pada varian elektrifikasi terkininya ini.

Mode standar Auto eDrive menjalankan mobil dengan kombinasi mesin konvensional dan motor listrik seperti disebutkan. Selain itu, terdapat juga penggunaan elektrifikasi penuh Max eDrive selama kapasitas tenaga baterai mencukupi. Terakhir adalah mode Save Battery yang menjalankan mobil sepenuhnya dengan mesin konvensional.

Sumber: Okezone.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten