SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas medis berkordinasi dengan keluarga pasien meninggal dunia. (Antara/Fakhri Hermansyah)

Solopos.com, SAMARINDA – Jumlah masyarakat Kaltim yang masuk dalam daftar orang dalam pemantauan atau ODP Covid-19 virus corona terus bertambah signifikan. Hingga dengan Sabtu (21/3/2020), jumlah ODP di Kaltim tercatat sudah mencapai sebanyak 561 kasus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim Andi Muhammad Ishak menerangkan, jumlah ODP di Kaltim dalam sepekan terakhir mememang mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari waktu-waktu sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Demam dan Batuk, PDP Corona Jogja Meninggal di RS Bethesda

Pada pekan lalu misalnya, angka ODP di Kaltim tercatat hanya sekitar 208 kasus. Namun hingga dengan Sabtu (21/3/2020), jumlahnya melojak hingga dua kali lipat atau menjadi sebanyak 353 kasus.

“Jumlah masyarakat yang masuk orang dalam pengawasan memang mengalami pertamban sebanyak 353 kasus,” katanya.

Andi menjelaskan, jika dipetakan berdasarkan wilayah sebaran, tercatat sebanyak 201 kasus ODP corona berada di wilayah Kota Balikpapan. Kemudian sebanyak 68 kasus berada di wilayah Kota Samarinda.

Ini Makna Sayur Lodeh 7 Warna Warna Diklaim Ampuh Usir Pagebluk Corona

“Untuk wilayah Kota Balikpapan, memang masih yang terbanyak untuk laporan ODP-nya. Dan ini kami terus memonitor perkembangannya,” ucap dia.

Untuk sebanaran ODP corona lainnya, tercatat berada di wilayah Kabupaten Paser sebanyak 51 kasus. Lalu di Kabupaten Berau tercatat sebanyak 11 kasus. Di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sebanyak 30 kasus.

ODP Covid-19 Kaltim

Adapun untuk di wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), diketahui tercatat sebanyak 15 kasus ODP corona. Kemudian sebanyak 15 kasus ODP corona berada di wilayah Kota Bontang.

Positif Corona, Lorenzo Sanz Mantan Presiden Real Madrid Meninggal

“Untuk 561 kasus ODP corona yang tercatat di kami itu, memang merupakan orang-orang yang melakukan kegiatan tracing kontak, notifikasi, dan masuk dalam KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Samarinda. Ada juga masyarakat yang menghubungi Call Center 112,” ungkapnya.

Adapun untuk masyarakat Kaltim yang masuk dalam daftar pasien dalam pengawasan (PDP) corona, tercatat ada pertambahan sekitar 7 kasus baru. Dengan wilayah sebarannya berada di tiga daerah, yakni Kabupaten Berau 1 kasus, Samarinda 5 kasus, dan Kukar 1 kasus.

Kurangi Bersentuhan, Sejumlah Cara Berinteraksi Pengganti Jabat Tangan

“Sebelumnya, PDP tercatat sebanyak 39 kasus. Namun hingga dengan saat ini, jumlah PDP berjumlah sebanyak 46 kasus. Perkembangan dari para pasien msih terus kami monitor,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya