SOLOPOS.COM - Foto Panen Melon Tahan Cuaca Ekstrem. JIBI/Harian Jogja/IST

Foto Panen Melon Tahan Cuaca Ekstrem.
JIBI/Harian Jogja/IST

JOGJA-Laboratorium Genetika Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengembangkan melon yang tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem. Melon ini telah dipanen pekan lalu dari lahan milik Kebun Pendidikan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Ketua Peneliti, Budi S. Daryono dalam rilis yang dikirim kepada Harianjogja.com, Selasa (28/5) menjelaskan kultivar Melodi Gama 3 (MG 3) berhasil dipanen dengan baik walaupun kondisi cuaca pada akhir-akhir ini kurang kondusif bagi tanaman melon.

Adanya intensitas hujan yang masih relatif tinggi menurut Budi akan berdampak buruk bagi perkembangan tanaman melon dan bisa mengakibatkan gagal panen karena tanaman melon seharusnya cocok ditanam pada musim kemarau.

“Hasilnya terlihat bahwa kultivar MG 3 terbukti tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem sehingga dapat menghasilkan panen yang cukup baik,” kata Budi.

Potensi produksi MG 3 ini bisa mencapai 40 ton per hektare. Selain di KP4, saat in MG 3 sedang dilakukan uji multilokasi dan multimusim di daerah dataran tinggi yang terletak di Magetan dan daerah pantai gumuk pasir di Kebumen untuk mengetahui sifat ketahanannya terhadap perubahan cuaca, hama dan penyakit tanaman.

Sementara itu anggota peneliti lainnya Rina Sri Kasiamdari menambahkan melon MG 3 memiliki keunggulan lain terutama ketahanan tehadap serangan hama dan penyakit.

Kultivar MG 3 ini tahan terhadap serangan jamur tepung (powdery mildew) dan jamur kresek yang sering menyerang tanaman melon. MG 3 juga toleran terhadap serangan penyakit yang disebabkan oleh virus diantaranya Kyuri green mottle mozaic virus (KGMMV).

“Kondisi ini memberikan keuntungan bagi petani yaitu dapat mengurangi ongkos produksi terutama untuk pembelian insketisida dan fungisida,” imbuh Rina.

Melon (Cucumis melo L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura dari familia Cucurbitaceae yang potensial untuk dikembangkan dan dapat menjadi produk unggulan hortikultura.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya