SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO: Rendahnya harga melon membuat para petani Kulonprogo mengeluh. Salah seorang petani melon di daerah Desa Tayuban, Kecamatan Panjatan, Maryono mengatakan, rendahnya harga jual melon di kalangan petani membuat dirinya merugi hingga jutaan rupiah.

“Harga melon saat ini sekitar Rp1.500 per kilogram, padahal biasanya bisa mencapai Rp3.000-Rp3.500,” katanya, Rabu (25/5). Menurut dia, modal yang dikeluarkannya untuk menanam melon pada awal musim bisa mencapai Rp10 juta. Namun jika melihat harga melon yang anjlok di pasaran dipastikan untuk menutup modal saja sudah sulit, padahal melon yang dipanennya kali ini memiliki kualitas cukup bagus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Untuk bibit, hingga pemeliharaan bisa mencapai Rp 10 juta, dengan harga melon yang turun, bisa balik modal saja sudah bagus,” ujarnya. Menurut Maryono, rendahnya harga jual melon di pasaran diperkirakan akibat banyaknya stok melon di pasaran karena banyak daerah penghasil melon lain yang juga panen.(Harian Jogja/Dasa Saputra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya