Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Astrid Prihatini WD/Newswire - Solopos.com
Minggu, 5 Desember 2021 - 16:40 WIB

SOLOPOS.COM - Ranu Kumbolo. (pesonaindonesia.com)

Solopos.com, SOLO-Saat tidak sedang meletus, Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, memiliki sejumlah objek wisata yang bisa dikunjungi berupa danau atau disebut ranu.  Gunung yang meletus pada Sabtu (4/12/2021) ini memang jadi salah satu tujuan favorit para pendaki  tak hanya pendaki lokal saja, melainkan juga mancanegara.

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri. Danau-danau cantik ini selalu berhasil menyihir para pendaki karena keindahannya.

Salah satu danau di Gunung Semeru yang terkenal adalah Ranu Kumbolo. Pesona Ranu Kumbolo dilukiskan di lirik lagu Mahameru milik Dewa 19 dan  digambarkan di novel 5 Cm yang diangkat ke layar lebar.

Baca Juga: Keindahan Gunung Semeru Diabadikan Dewa 19 Lewat Lagu Mahameru

Berikut ini lima danau di Gunung Semeru seperti dikutip dari Liputan6.com pada Minggu (5/12/2021):

1. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan salah satu danau di Gunung Semeru yang terkenal. Danau cantik yang berada di ketinggian 2.389 mdpl ini merupakan ikon Gunung Semeru. Ranu Kumbolo berada di jalur pendakian menuju puncak Mahameru, tepatnya setelah pos keempat. Luas ikon Gunung Semeru ini mencapai 15 hektare.

Baca Juga: Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Biasanya para pendaki akan singgah dan bermalam di danau yang sangat menawan ini. Selain bersantai-santai, kamu bisa menyaksikan kemegahan matahari terbit yang muncul dari balik bukit.

2. Ranu Regulo

Ranu Regulo (Indonesia Tourism)

Selain Ranu Kumbolo, ada juga danau cantik lain yaitu Ranu Regulo. Ranu Regulo juga merupakan salah satu danau ikonik di Gunung Semeru. Danau ini masih terletak di Kecamatan Senduro dengan ketinggian mencapai 2.100 mdpl. Letaknya tak begitu jauh dari Ranu Pani.

Ranu Regulo memiliki luasnya hampir mirip Ranu Pani, yakni sekitar 0,75 hektare. Danau yang menawan ini bisa jadikan alternatif tempat berkemah sebelum atau setelah pendakian dari Gunung Semeru.

Baca Juga: BNPB: 13 Orang Meninggal, Puluhan Warga Terluka akibat Erupsi Semeru

3. Ranu Pani

Ranu Pani (Lumajangsatu.com)

Keindahan Ranu Pani juga sayang dilewatkan. Ranu Pani berlokasi di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pani sendiri merupakan salah satu desa tertinggi di Indonesia.

Ranu Pani merupakan gerbang masuk pendakian Gunung Semeru. Di sinilah tempat untuk mendaftar sebelum melakukan aktivitas pendakian. Danau cantik ini merupakan danau vulkanik dengan luas sekitar 1 hektare.

Baca Juga: HBO Habiskan US$30 Juta untuk Prekuel Game of Thrones

4. Ranu Darungan

Ranu Darungan. (Batikimono_

Ranu Darungan berada di ketinggian 830 mdpl dengan luas 0,25 hektar. Ranu ini dikelilingi tebing, hutan yang menjadi rumah satwa-satwa liar. Ranu Darungan disebut juga Linggo Rekisi karena memang dikelilingi oleh banyak pohon Rekisi.

Baca Juga: Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Selain indah, danau ini juga memiliki nilai sejarah karena merupakan peninggalan orang Belanda yang dulunya mengelola situs ini untuk kepentingan konservasi anggrek dan tanaman obat.

5. Ranu Kuning

Ranu Kuning (Youtube)

Ranu Kuning sangat jarang, bahkan hampir tidak pernah terdengar di telinga para pendaki. Ranu Kuning diketahui adalah danau yang terbentuk dari air hujan dan mirip dengan Ranu Pani.  Ranu ini terletaknya tidak jauh dari Kalimati. Danau indah ini jarang terdengar karena terletak di jalur pendakian yang sulit.

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif