SOLOPOS.COM - Ilustrasi terapi bicara untuk anak (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Seperti diketahui, terapi auditori verbal atau auditory verbal therapy (AVT) merupakan terapi yang dapat diterapkan pada anak dengan gangguan pendengaran, yang melibatkan keluarga. Hal itu dinilai sebagai satu keunggulan proses terapi tersebut dibandingkan terapi yang lain.

Terapis Wicara Rumah Sakit (RS) JIH Solo, Avista Wahyu Ardiningtyas, A.Md.Kes., mengatakan ada beberapa manfaat atau keunggulan dari AVT. Beberapa manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Orang tua lebih mengetahui proses terapi anaknya.
  • Orang tua bisa membimbing anaknya di rumah. “Sebab sebagian besar waktu anak saat di rumah dihabiskan bersama orang tua, bukan terapis. Terapi hanya satu jam, sisanya dengan orang tua,” jelas dia.
  • Perbendaharaan kata dan kosa katanya akan lebih cepat bertambah.

Sementara itu dokter spesialis THT Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Dimas Adi Nugroho, Sp.THT-KL., mengatakan jika AVT menjadi terapi wicara untuk anak dengan gangguan pendengaran yang lebih direkomendasikan dibandingkan terapi wicara biasa.

“Sebab dengan AVT, pihak keluarga atau orang tua akan lebih berperan dari pada terapinya sendiri. Jadi terapinya bukan hanya ke anak, orang tua juga ikut diajarkan, sehingga bisa diterapkan di rumah,” kata dia.

Disebutkan bahwa setiap terapi membutuhkan proses yang tidak singkat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tentu dibutuhkan penanganan komprehensif dan berkelanjutan. Untuk itu tidak menutup kemungkinan penanganan untuk kasus kemampuan berbicara karena gangguan pendengaran juga membutuhkan peran berbagai pihak. Bahkan ada pula peran dari dokter-dokter spesialis lain.

Pada pelaksanaannya, biasanya terapi itu juga dilakukan dengan mengombinasikan penggunaan alat bantu dengar.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya