SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

RUSTENBURG–Meksiko dan Uruguay hanya butuh skor imbang di Stadion Royal Bafokeng, Selasa (22/6), untuk melenggang bersama ke putaran kedua Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Meski demikian, bukan berarti publik hanya disuguhi permainan bertahan. Meksiko dan Uruguay berbagi tempat di puncak Grup A, sama-sama mengantongi nilai empat. Prancis dan Afrika Selatan (Afsel) membuntuti dari jauh dengan torehan satu poin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dua tim tersebut benar-benar butuh keajaiban untuk lolos, sambil berharap Uruguay dan Meksiko tidak berkonspirasi membukukan skor sama kuat. Apakah kedua tim bakal memilih main aman? Belum tentu. Faktor Argentina kemungkinan memaksa El Tri, julukan Meksiko maupun La Celeste, julukan Uruguay, ngotot menang.

Titel juara grup menjadi bidikan untuk menghindari prospek bertemu raksasa Amerika Selatan, Argentina, di babak 16 Besar. Uruguay dan Meksiko hanya terpisah selisih gol. Jika bentrok berkesudahan imbang, El Tri harus puas menjadi runner-up Grup A.

Sementara itu, meski belum ada jaminan resmi, juara Grup B hampir pasti direbut Argentina. Menilik performa ganas Tim Tango selama penyisihan grup, bisa dipastikan tidak ada satu pun tim yang ingin cepat-cepat bertemu dengan Lionel Messi dkk.

“Kami harus bermain untuk mendapatkan tiga poin dan memastikan tiket ke babak selanjutnya. Kami harus selalu memberikan yang terbaik dalam setiap laga, dan jelas kali ini pun kami ingin tiga angka,” tegas pemain Meksiko, Pablo Barrera, seperti dilansir yahoosports.com, Senin (21/6).

El Tri menurunkan line-up agresif dalam dua laga sebelumnya, dengan formasi 4-3-3. Skema itu menuai pujian dari publik dan tim lainnya. Meksiko bertransformasi menjadi tim menggigit di segala lini. Keputusan terbesar yang harus diambil pelatih Javier Aguirre adalah siapa striker utama tim.

Sang pelatih kemungkinan menurunkan Javier Hernandez menggantikan striker veteran Guillermo Franco, yang menjadi starter di dua laga sebelumnya. Aguirre juga harus mencari pengganti Carlos Vela (cedera) dan Efrain Juarez (skorsing satu kali laga). Barrera diprediksi bakal mengisi pos yang ditinggalkan Vela.

Di kubu Uruguay, pelatih Oscar Tabarez menyatakan siap memasang skuat seperti ketika membungkam Afsel 3-0. Rupanya, ia enggan berjudi karena El Tri punya rekor apik dalam bentrok melawan Uruguay. “Kami sangat tahu kualitas sepak bola Meksiko. Mereka cepat dan sarat talenta berkualitas,” tukas Tabarez.

JIBI/SOLOPOS/yms

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya