SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi

MEXICO CITY—Meksiko akan bertarung memperebutkan jatah sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026. Seandainya terpilih, Meksiko bakal menjadi negara pertama yang menggelar Piala Dunia sebanyak tiga kali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meksiko pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1970 dan 1986. Saat itu, kedua penyelenggaraan berlangsung sukses dengan menghadirkan juara Piala Dunia, Brazil dan Argentina.

“Meksiko merupakan tuan rumah yang hebat pada Piala Dunia 1970 dan 1986, jadi kami ingin berjuang untuk mendapatkan Piala Dunia [lagi], akan ada kompetisi yang kuat dengan Amerika Serikat,” ujar Presiden Federasi Sepakbola Meksiko, Justino Compean, kepada wartawan, Jumat (21/9/2012).

“Infrastruktur sepakbola di Meksiko terus berkembang dan Piala Dunia layak digelar di Meksiko,” imbuhnya.
Brazil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 1950 akan mendapat kesempatan untuk menjadi penyelenggara kedua kalinya pada 2014. Sementara tahun 2018, jatah penyelenggara sudah dimiliki Rusia dan dilanjutkan Qatar pada 2022.

“FIFA selalu menuntut dengan semua struktur yang dibutuhkan. Kompetitor terberat [untuk 2012] adalah Amerika Serikat, di mana mereka memiliki sumber daya yang besar, stadion yang besar, dan jumlah penduduk tiga kali lebih banyak dibanding kami,” imbuhnya.

Amerika Serikat tuan rumah babak final untuk pertama kalinya pada 1994.

Negara lain yang sudah pernah dua kali sebagai tuan rumah adalah Italia (1934 dan 1990), Prancis (1938 dan 1998) dan Jerman (1974, ketika sebagai Jerman Timur dan pada 2006).

Compean mengatakan, tim nasional Meksiko masih dapat memenangi turnamen Piala Dunia 2026, kendati Amerika Serikat yang berhasil menjadi tuan rumah penyelenggara.

“Seandainya Amerika Serikat yang mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia (2026), kami masih dapat menang, karena kami tidak pernah berhadapan dalam babak penyisihan,” katanya.

“Kami hanya terpaut tiga jam dari perbatasan negara dan kami memiki jutaan warga yang tinggal di negara itu, jadi kami akan bermain seperti layaknya tim tuan rumah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya