SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan dengan Megawati Soekarnoputri saat pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) pertama Permabudhi Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/9/2018). - (ANTARA/Wahyu Putro)

Solopos.com, SOLO—Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menikahkan adiknya Idayati dengan Ketua MK, Anwar Usman di Solo, Kamis (26/5/2022).

Sejumlah pejabat negara dan tokoh nasional hadir di Graha Saba Buana, lokasi resepsi. Tetapi tidak dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri maupun putrinya yang juga Ketua DPR Puan Maharani.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengamat politik Rocky Gerung mengatakan sedang terjadi perceraian politik antara Megawati Soekarnoputri dengan Jokowi. Hal itu dikatakan Rocky dalam wawancara di Youtube Rocky Gerung Official bersama wartawan senior Hersubeno Arief, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga: Profil Ketua MK Anwar Usman, Adik Ipar Baru Presiden Jokowi

“Saya kira (Megawati) memang tidak diundang karena akan jadi kontroversi atau ya suasana di Solo itu jadi kurang mulus karena nanti wartawan akan persoalkan pertanyaan kepada Ibu Mega lalu Ibu Mega menjawab itu adalah periswtiwa privat tapi pertanyaannya politis, mungkin sekali itu pertimbangannya,” ujar Rocky Gerung.

“Atau Pak Jokowi sudah antisipasi kalau pun diundang tidak akan datang karena itu tidak usah diundang,” katanya.

Lebih dari itu, kata dia, banyak orang mengambil kesimpulan telah terjadi perceraian politik antara Megawati atau PDIP dengan Jokowi. “Memang telah terjadi di Solo ada perkawinan yang juga nadanya politis tapi juga ada perceraian yang nadanya politis, perceraian politik antara Pak Jokowi dan Ibu Mega. Kira-kira temanya kalau dibikin infotainment  ‘Perceraian politik di tengah-tengah perkawainan politik.”

Baca Juga: Dua Saksi Pernikahan Adik Jokowi Sudah Tiba Satu Jam Sebelum Akad Nikah

Dia memastikan Jokowi sedang menghindar dari PDIP. Menurutnya PDIP sudah bertekad untuk jalan sendiri. Dan Jokowi akan mencari penggantinya sendiri.  Menurut Rocky, Megawati akan memastikan bahwa Puan Mahariani  tidak boleh kehilangan momentum.

“Ya ini momentum terakhir buat PDIP. Kalau dia lewat makan PDIP sendiri akan kehilangan jejak historis.  Jadi bayangkan kalau ada satu periode di mana PDIP tak punya kader lalu akan keterusan tidak ada kadernya. Jadi Ibu Mega pasti menghitung itu,” katanya.

Menurut dia, Megawati lega karena bisa maju sendiri. Berbeda dengan Jokowi yang belum memiliki perahu. “Demikian juga partai-partai lain merasa oke karena Ibu Mega memastikan berseberangan dengan Jokowi, maka strategi bisa disusun,” katanya.

Baca Juga: Sah Suami Istri! Ini Mahar Pernikahan Adik Jokowi & Ketua MK

Sebelumnya, Wali Kota Solo yang juga putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan Megawati Soekarnoputri tidak hadir saat pernikahan Idayati dengan Ketua MK mungkin karena ada acara lain.

“Mungkin ada acara lain. Pada sibuk semua. Soale hari berikutnya hari kerja itu lo gak bisa lama-lama juga,” kata dia kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya