SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, DENPASAR — Sejumlah sindiran diterima Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat hadir dalam acara pembukaan Kongres Nasional V PDIP di Bali, Kamis (8/8/2019). Sindiran itu tak lain terkait pertarungan dalam Pilpres 2019 lalu.

Sindiran pertama diterima Prabowo saat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berpidato. Dalam pidatonya, Megawati sempat menyinggung pemindahan kantor tim pemenangan Prabowo dan Sandiaga Uno saat Pilpres 2019 ke Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Waktu itu Pak Prabowo, katanya kan dipindahkan poskonya ke Jateng. Saya sudah mikir nih, ‘gue didatengin juga nih si Bowo’,” kata Megawati di Hotel Grand Inna Beach, Sanur.

Isu pemindahan kantor kemenangan Prabowo-Sandiaga ke Jawa Tengah sempat menjadi perhatian Megawati. Namun, dia yakin kader PDIP di Jawa Tengah tak akan tinggal diam kala itu.

Megawati Soekarnoputri lantas meminta para kader PDIP saat itu untuk “berhenti merumput, gosok tanduk [banteng] kamu.”

Sindiran lain juga muncul saat Megawati mengaku sengaja mengundang Prabowo ke Kongres V PDIP kala kedua tokoh ini bertemu di kediaman Megawati akhir Juli lalu. Presiden ke-5 RI ini menyebut ajakannya wajar dan mengaku capek jika harus terus-menerus bertarung dengan Prabowo dan Gerindra.

“Ya sudahlah. Nanti tempur lagi di 2024,” ujarnya disambut tawa kader PDIP.

Sindiran lain diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kala berpidato di acara yang sama. Dalam pidatonya, Jokowi menjelaskan alasan dia mengenakan pakaian adat Bali di Pembukaan Kongres V PDIP.

Jokowi mengaku sengaja menggunakan pakaian adat karena pada Pilpres 2019 kemenangan dia dan Ma’ruf Amin di Pulau Dewata mencapai 91,68 persen. Jokowi lantas meminta maaf kepada Prabowo.

“Mohon maaf Pak Prabowo. Memang di Bali menang 91,6 persen. Saya menyampaikan apa adanya,” kata Jokowi yang disambut tawa peserta Kongres serta para tamu undangan.

Prabowo merupakan satu dari sekian banyak tamu undangan yang datang ke Kongres V PDIP. Selain para Ketua Umum parpol di Koalisi Indonesia Kerja, politikus yang datang ke pembukaan Kongres V PDIP di antaranya Sekjen PAN Eddy Soeparno, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ma’ruf Amin, dan beberapa menteri di Kabinet Kerja. Ada pula mantan Ketua Tim Kemenangan Nasional (TKN) Erick Thohir di lokasi acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya