SOLOPOS.COM - Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri berpidato pada acara peringatan HUT ke-50 PDIP di Jakarta, Selasa (10/1/2023). (Tangkapan layar siaran HUT PDIP)

Solopos.com, JAKARTA–Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri tak mengumumkan nama calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 saat puncak peringatan HUT ke-50 PDIP di JIExpo, Jakarta, Selasa (10/1/2023). Namun, dia mengisyaratkan capres yang bakal diusung PDIP adalah tokoh internal.

Hal itu menjawab prediksi sebelumnya yang menyebut Megawati kemungkinan mengumumkan nama capres pada puncak perayaan HUT PDIP, hari ini.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Saat tiba di lokais acara, Megawati kaget karena banyak wartawan yang mendaftar untuk meliput puncak acara HUT ke-50 PDIP, bahkan sampai media luar negeri.

Dia menyebut para awak media menunggu dirinya untuk mengumumkan capres untuk PDIP untuk Pilpres 2024.

“Ini ditunggu-tunggu [pengumuman capres]. Kalau ibarat taruhan, ini sudah pasang, siapa yang akan diumumkan,” ujar Mega saat berpidato disambut tepuk tangan dan tawa para kader PDIP yang hadir.

“Mentang-mentang kalian tepuk tangan saya umumkan? Enggak lah. Enak saja,” ungkap presiden ke-5 itu.

Lebih lanjut Mega memberi kode dan memastikan capres PDIP merupakan kader internal partai. Dia mengatakan tujuan membuat parpol untuk menyiapkan kadernya untuk jadi pemimpin.

Sebagai informasi, dalam puncak perayaan HUT ke-50 PDIP itu hadir Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia ikut mendengarkan pidato Megawati. Hadir pula Wakil Presiden Maruf Amin.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Jokowi-Maruf juga hadir. Meski begitu, hanya menteri dari PDIP dan menteri dari kalangan profesional. Artinya, tak ada menteri dari parpol lain yang hadir di HUT ke-50 PDIP ini.

Pada sisi lain, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diteriaki “Presiden” saat menghadiri puncak perayaan HUT Ke-50 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

“Pak Ganjar Presiden kami,” teriak salah satu kader. “Hidup Ganjar! Ganjar Presiden! Hidup PDIP,” sahut kader lainnya.

Ganjar yang tiba sekitar pukul 08.15 WIB langsung disambut ratusan kader yang sedang mengantre masuk ke Hall D JIExpo. Para kader yang berasal dari seluruh daerah di Tanah Air itu antusias menyambut kedatangan pria berambut putih tersebut. Mereka

berebut ingin bersalaman dengan Ganjar sambil meneriakkan “Ganjar Presiden”.

Ganjar Pranowo pernah menjadi anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2004-2009 dan 2009-2013. Nama Ganjar selalu disebut-sebut sebagai calon Presiden Indonesia yang bakal diusung PDIP dalam perhelatan Pilpres 2024, selain nama Puan Maharani.

Selain itu, dalam hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga survei di Indonesia, nama Ganjar selalu memuncaki peringkat pertama elektabilitas calon presiden. Hal itu pun membuat Ganjar Pranowo dinilai banyak pihak sebagai kandidat terkuat menjadi Presiden 2024.

Perayaan HUT Ke-50 PDI Perjuangan dihadiri seluruh kader dari seluruh penjuru daerah di Tanah Air. Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo, dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin hadir membuka acara peringatan HUT Ke-50 partai berlambang banteng moncong putih itu.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut Megawati sudah mengantongi nama capres yang akan diusung PDIP pada Pilpres 2024. Menurut dia, bisa saja Megawati mengumumkan nama capres pada puncak perayaan HUT ke-50 PDIP.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Megawati Sebut Capres PDIP dari Internal, Diumumkan Hari ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya