SOLOPOS.COM - Master Plan Bandara Kulonprogo (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, WATES—Pesatnya pertumbuhan sektor industri di Kulonprogo diharapkan bisa menyerap tenaga ahli dari seluruh Provinsi DIY.

Kabid Tenaga Kerja Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kulonprogo Heri Darmawan mengatakan ke depannya kabupaten ini memiliki prospek cerah menyerap tenaga kerja di wilayah DIY.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Megaproyek bandara dan pelabuhan Adikarto serta pertumbuhan industri di Sentolo akan menyerap banyak tenaga kerja dari DIY,” ujar Heri di kantornya, Rabu (11/6/2014).

Minat investor dalam berinvestasi di Kulonprogo juga semakin tinggi. Untuk itu, Dinsosnakertrans terus mengupayakan berbagai strategi untuk menyiapkan tenaga kerja agar siap menghadapi pasar kerja ke depannya. Diantaranya dengan penguatan jaringan ketenagakerjaan hingga perluasan kesempatan kerja.

Saat ini saja, penyerapan angkatan kerja lokal (AKL) masih mendominasi dan terus mengalami peningkatan. Pada 2011 jumlah AKL hanya 1.553 orang. Setahun kemudian meningkat 5.554 tenaga kerja. Meski tahun lalu turun, namun, jumlah AKL masih relatif besar mencapai 4.396 tenaga kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya