SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Harianjogja.com, KULONPROGO-Kalangan DPRD Kulonprogo menilai pentingnya keberadaan Early Warning System (EWS) atau sistem peringatan dini sebagai penunjang keamanan tiga megaproyek di pesisir Kulonprogo.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kulonprogo, Hamam Cahyadi mengungkapkan sangat lucu bila EWS tidak segera diupayakan sementara lokasi megaproyek tepat berada di tepi lautan lepas. “Saya kira ini aneh, ada bandara megah nantinya sebagai satu bagian dari rencana megaproyek. Pelabuhan juga. Tapi kelengkapan EWS belum ada, padahal itu penting,” ujar Hamam kepada Harian Jogja, Minggu (24/11/2013).

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Dia mengungkapkan, keberadaan EWS menjadi sebuah penjamin keamanan karena dua megaproyek, yakni bandara dan pelabuhan berhubungan dengan manusia. Sementara datangnya bencana tidak dapat terduga.

Hamam juga mengetahui untuk mengupayakan EWS memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Pemkab Kulonprogo, menurut dia, mustahil bisa mengupayakannya secara mandiri. Namun mengingat pentingnya sarana itu, dia mendorong agar Pemkab lebih intensif dan serius dalam berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar segera memasang fasilitas itu di pesisir Kulonprogo.

“Adanya megaproyek ini seharusnya menjadi celah bagi Pemkab dalam mendesak EWS kepada pusat, dalam kaitan ini Badan Penanggulangan Bencana Nasional. Jadi komunikasi harus selalu aktif,” tandasnya.

Sekretaris Derah Kulonprogo, Astungkoro juga mengungkapkan pentingnya fasilitas EWS di Kota Binangun. Menurut dia, EWS tidak sekadar sebagai penjamin kelengkapan karena adanya megaproyek. Lebih dari itu, Sekda mengatakan tipe daerah Kulonprogo yang berada di tepi samudra sudah sepantasnya memiliki sarana itu. Hal itu bertujuan menjamin keamanan masyarakat, apalagi ada banyak perkampungan yang berada di sepanjang pesisir.

“Tidak ada megaproyek pun, EWS mutlak harus dimiliki. Pasalnya Kulonprogo ini termasuk cakupan wilayah rawan bencana karena posisinya tepat di tepi samudra,” tegas Astungkoro.

Hanya, sama seperti yang diungkapkan Hamam, besarnya dana untuk mengupayakan EWS menjadi kendala utama. Dia akan terus mendorong BNPB segera mengupayakan pemasangan EWS di pesisir Kulonprogo. Untuk sementara ini, selagi belum ada EWS, dia berharap agar masyarakat pesisir khusunya tetap menggalakkan pola mitigasi bencana agar memiliki kesiapsiagaan terhadap bencana yang datangnya tidak terduga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya