Mega Bintang: Gibran Nyalon Pilkada Solo karena Dorongan Jokowi
Acara potong rambut model undercut ala Gibran di Ngarsopuro, Solo, Minggu (29/9/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mega Bintang mendukung penuh pencalonan Achmad Purnomo sebagai Wali Kota Solo dalam Pilkada 2020. Sementara itu, Mega Bintang juga menduga masuknya Gibran Rakabuming Raka ke bursa calon wali kota karena dorongan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua LSM Mega Bintang, Mudrick SM Sangidu saat berjumpa dengan awak media di Gedung Umat Islam Kartopuran, Rabu (9/10/2019). Ihwal munculnya nama Gibran Rakabuming Raka, Mudrick meyakini lantaran adanya dorongan dari ayahandanya, Jokowi.

Menurutnya, tak mungkin Gibran melangkah sejauh ini bila tidak ada restu atau dorongan dari Jokowi dan orang dekatnya. Sedangkan soal calon wali kota, Mudrick mengatakan Purnomo mempunyai kapasitas dari berbagai aspek untuk memimpin Solo.

“Kalau saya mendukung Pak Purnomo sebagai cawali Solo. Nanti semua elemen Mega Bintang siap memenangkan Purnomo,” ujar dia. Mudrick mengaku sudah berkomunikasi dengan Purnomo terkait sikap Mega Bintang yang mendukung Wawali Solo itu.

Baca juga: Puan: Monggo Gibran Daftar, Tanya Cita-Citanya Apa.

Terpisah, Ketua PCNU Solo periode 2010-2018, Hilmi Ahmad Sakdillah, menyatakan dirinya tidak akan meramaikan pesta demokrasi Solo tahun depan. Dia hanya akan mendukung pasangan calon walikota dan wakil wali kota yang diusung PDIP.

Tapi Hilmi tidak mau terseret dalam pusaran pertarungan antara kubu pro Achmad Purnomo-Teguh Prakosa dengan kubu Gibran Rakabuming Raka. “Ya nanti siapa yang direkomendasikan DPP PDIP tinggal kami dukung, begitu saja,” dia menuturkan.

Hilmi menilai hal biasa aksi dukung mendukung dalam dinamika politik pilkada, termasuk di internal PDIP. Tapi begitu rekomendasi cawali-cawawali dari DPP sudah keluar, menjadi kewajiban seluruh kader partai untuk mendukungnya secara penuh.

Baca juga: Indo Barometer: Pencalonan Gibran Terbaca Politik Dinasti Jokowi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom