SOLOPOS.COM - Sejumlah personel dan mantan personel wartawan siswa (Wasis) bertanya jawab dengan siswa SMAN 4 Solo dalam acara Meet & Greet Wasis SOLOPOS di sekolah setempat, Kamis (13/12/2012). (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Sejumlah personel dan mantan personel wartawan siswa (Wasis) bertanya jawab dengan siswa SMAN 4 Solo dalam acara Meet & Greet Wasis SOLOPOS di sekolah setempat, Kamis (13/12/2012). (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

“Mbak, apa sih syaratnya biar bisa kerja di SOLOPOS?”

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pertanyaan itu mengawali perbincangan saat pembukaan Meet & Greet Wasis SOLOPOS di SMA Negeri 4 Solo, Kamis (13/12/2012). Sejak pukul 07.30, ratusan siswa dari kelas X dan XI telah berkumpul di lapangan tenis sekolah setempat. Semuanya tampak antusias untuk mengikuti acara yang baru pertama kali dilaksanakan di sekolah itu.

Saat itu, siswa-siswa yang duduk bersila di tengah lapangan mendapatkan berbagai hiburan dari enam ekstrakurikuler, antara lain keroncong dan kesenian Jawa. Selain itu mereka juga mendapatkan penjelasan dari Asisten Manajer Promosi SOLOPOS, Intan Nurlaili, mengenai dunia jurnalistik dan semua hal yang terkait perusahaan media, khususnya SOLOPOS.

Menjawab pertanyaan di atas tadi, Intan memaparkan saat ini siswa SMA tidak perlu menunggu lulus kuliah untuk dapat jadi wartawan SOLOPOS, karena ada program Wartawan Siswa (Wasis) yang mewadahi minat dan bakat siswa kelas X atau XI dalam dunia jurnalistik. “Para siswa bisa mendaftar dan mengikuti seleksi untuk jadi wasis yang tugasnya sama seperti wartawan lainnya,” jelasnya kepada semua peserta.

Setelah itu, perwakilan Wasis dari berbagai angkatan memperkenalkan diri kepada semua peserta yang disambut antusias dengan riuh tepuk tangan. Salah satu Wasis asal SMAN 4 Solo, Octavia Putri Kurnia Arda, membagikan pengalamannya menjadi Wasis kepada rekan-rekannya. Meski baru bertugas selama dua bulan, tapi sudah banyak pengalaman dan ilmu yang ia dapatkan. Dia mengaku lebih terampil untuk mencari informasi dan menulis berita. “Sekarang makin suka mengeksplorasi kata-kata,” jelasnya.

Siswa SMA Negeri 4 Solo menyiapkan majalah dinding untuk dipajang di lapangan basket indoor, Kamis (3/2). Kegiatan tersebut terkait dengan acara Meet & greet bersama Wartawan siswa (Wasis) dan Solopos. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Kemeriahan bertambah ketika satu persatu hasil lomba majalah dinding (mading) yang diselenggarakan OSIS dipamerkan di pinggir lapangan. Sebanyak 20 mading hasil karya kelas X dan XI itu tampak berwarna-warni dan semuanya kompak mengangkat tema Liburan. Jika biasanya mading hanya dibentuk vertikal dan dua dimensi, dengan kreativitas siswa-siswi SMAN 4 Solo, mading menjadi lebih interaktif dengan konsep tiga dimensi.

Ketua lomba mading, Firdaus Sultan, menjelaskan lomba mading dan acara Meet & Greet Wasis SOLOPOS memiliki misi yang sama untuk memberikan ilmu dan pengetahuan kepada siswa mengenai dunia jurnalistik, serta bisa mengasah kreativitas siswa untuk berfikir out of the box.

“Siswa-siswa tampak antusias mengikuti acara yang menurut saya sangat penting untuk menumbuhkan minat siswa pada dunia tulis menulis,” jelas Wakil Kepala Sekolah urusan Kesiswaan, Zeno Triyono. Dia berharap agar kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan sehingga kerjasama antara sekolah dan SOLOPOS bisa terus terjalin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya