SOLOPOS.COM - Logo Twitter (Twitter)

Media sosial terpopuler Twitter berulang tahun ke-10. Ada sepuluh momen unik dan menarik di Twitter.

Solopos.com, JAKARTA — Media sosial terpopuler Twitter genap berusia sepuluh tahun pada Senin (21/3/2016). Dalam rangka ulang tahun, Twitter berbagi sepuluh momen ikonik yang terjadi di Indonesia selama 1 dekade.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

“Kami ingin menjadikan hari ulang tahun sebagai perayaan bagi semua orang dari berbagai penjuru dunia yang telah membantu membuat Twitter seperti sekarang ini. Untuk menandai momen ini, kami ingin berbagi dengan Anda sepuluh momen ikonik di Twitter selama sepuluh tahun terakhir,” tulis Twitter, Selasa (22/3/2016).

Twitter berbagi sepuluh momen ikonik itu dalam bentuk infografis dan dicantumkan dalam urutan kronologis. Sebanyak sepuluh momen itu dimulai dari Desember 2009 dengan tagar (#) KoinUntukPrita.

Masyarakat Indonesia bersatu di Twitter untuk membantu Prita Mulyasari (@pmulyasari) mengumpulkan Rp240 juta guna membayar tagihan rumah sakit. Sebagai salah satu awal dari mulai banyaknya gerakan sosial yang dilakukan di media sosial, #KoinUntukPrita berhasil mengumpulkan lebih dari Rp650 juta.

Momen ikonik terbaru adalah #GMT2016 pada Maret 2016. Momen langka Gerhana Matahari Total disambut meriah oleh masyarakat Indonesia. Pengakses Internet atau netizen membanjiri Twitter dengan berbagai reaksi sykur dan takjub menyaksikan #GMT2016. Terdapat lebih dari 500.000 tweet selama 24 jam terkait momen tersebut.

Di Jakarta, ulang tahun Twitter dirayakan dengan mengundang sejumlah pengguna yang aktif di media sosial terpopuler tersebut. Country Director Indonesia, Roy Simangunsong, menyebut perjalanan Twitter di Indonesia memiliki banyak cerita.

“Twitter banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk mengungkapkan perasaan, dan memperingati sebuah acara,” sebut Roy, seperti dikutip dari Okezone, Rabu (23/3/2016).

Roy menyebut, banyak peristiwa yang terjadi di jagat Twitter selama beberapa tahun terakhir. Di antaranya Twitter pengumpulan koin untuk prita, peristiwa bom Sarinah, dan aktivitas saat Pilpres 2014. Semua peristiwa itu menjadi salah satu kejadian penting yang menjadi trending topik Indonesia.

Dalam kalimat penutupnya, Roy menyebutkan ulang tahun Twitter ke-10 bukan merupakan monopoli Twitter semata, namun juga menjadi ulang tahun rakyat Indonesia. “Ini adalah perayaan kita bersama,” tutupnya.

Seluruh momen ikonik tersebut terangkum dalam topik #KoinUntukPrita, @JalinMerapi, #DemiMetallica, #SelamatDatangLFC, Kemenangan @jokowi di Pemilu, #SaveKPK, #RIPOlgaSyahputra, #PollStory, #KamiTidakTakut dan #GMT2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya