SOLOPOS.COM - Ikon Facebook Lite (googleplaystore)

Media sosial terpopuler Facebook menyediakan aplikasi Facebook Lite untuk ponsel kelas low-end.

Solopos.com, SOLO – Facebook menyediakan aplikasi Facebook Lite untuk smartphone dengan spesifikasi low-end. Facebook Lite juga diklaim cocok untuk Internet dengan koneksi lambat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aplikasi Facebook Lite telah tersedia di toko aplikasi seperti Google Play Store. Di Android, aplikasi ini hanya sebesar 435 KB dan dapat dijalankan secara normal pada perangkat dengan RAM kecil sekalipun. Versi regulernya, Facebook membutuhkan ruang penyimpanan 30 MB, belum lagi ditambang dengan Messenger untuk berkomunikasi via chating.

Ekspedisi Mudik 2024

Keunggulan utama Facebook Lite ini terletak pada tingkat konsumsi koneksi data yang jauh lebih sedikit. Jadi meskipun berada jaringan 2G, pengguna dapat dengan lancar membuka aplikasi Facebook Lite.

Facebook Lite hanya bisa dipakai untuk mengakses News Feed, Status Update, Foto dan Notification. Sementara untuk video tidak dimungkinkan.

“Lebih dari 875 juta orang di dunia mengakses internet lewat jaringan 2G. Kami ingin membuat sebuah pengalaman yang lebih baik bagi pengguna Facebook aktif di negara berkembang,” ujar Facebook Product Manager, Vijay Shankar.

Dilansir Cnet, Selasa (30/6/2015), aplikasi Facebook Lite memulai debutnya 4 Juni lalu dan tersedia di hampir seluruh negara Eropa. Seminggu sesudahnya, aplikasi ini pun menyambangi negara di Amerika Latin dan Afrika.

Sebelumnya Facebook sendiri telah memiliki aplikasi di Android. Namun dibuatnya versi Lite ini untuk mengakomodasi pengguna yang punya perangkat Android low-end.

Sejauh ini belum ada informasi apakah aplikasi ini bakal bertandang ke Indonesia. Tapi kemungkinan besar akan juga tersedia. Mengingat internet.org yang juga besutan Facebook telah mendarat di sini.

Selain itu, banyak pengguan Facebook di Indonesia yang masih menggunakan Android versi low-end dan terkoneksi jaringan 2G. Ya, kita tunggu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya