SOLOPOS.COM - Logo Twitter (Twitter)

Media sosial terpopuler Twitter memiliki cara agar akun penggunanya tetap aman dari serangan hacker.

Solopos.com, JAKARTA — Baru-baru ini media sosial terpopuler Twitter diterpa isu tak sedap terkait kabar adanya 32 juta password Twitter yang dijual di dark web. Kontan kabar ini langsung ditepis Twitter.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebetulnya, media sosial terpopuler Twitter telah memastikan sistem keamanannya aman dan tidak dibobol. Kendati demikian, Twitter tetap melakukan penyelidikan terkait hal tersebut. Pihak Twitter meyakini informasi tersebut tak diperoleh dari peretasan terhadap server Twitter.

Menurut hasil penyelidikan, username dan password pengguna kabarnya didapat dari penggabungan informasi terhadap peretasan lainnya, malware pada perangkat korban yang mencuri password ke semua situs atau kombinasi keduanya.

Media sosial terpopuler Twitter lalu bertindak cepat untuk melindungi akun para penggunanya dengan melakukan pemeriksaan silang antara data tersebut dengan informasi yang dimiliki.

Namun, tindakan ini membuat sejumlah akun media sosial terpopuler Twitter teridentifikasi demi perlindungan ekstra. Sebagai gantinya, akun-akun tersebut akan langsung terkunci. Pemilik akun akan diwajibkan untuk mereset password akunnya.

Bila informasi Twitter pengguna dipengaruhi oleh isu tersebut, mereka akan menerima email untuk mengganti kata sandi akunnya. Akun pengguna tersebut tidak akan dapat diakses hingga pengguna mereset password.

Ini dilakukan untuk memastikan individu yang sah yang memiliki akses. Berikut ini langkah yang dilakukan untuk memastikan akun Twitter Anda tetap aman sebagaimana dihimpun dari Liputan6.com, Senin (13/6/2016):

1. Aktifkan Verifikasi Log in

Langkah ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan keamanan akun Anda

2. Gunakan Password Kuat

Biasakan untuk membuat kata sandi yang memiliki tingkat kesulitan tinggi untuk diretas dan tidak digunakan di situs-situs lainnya.

3. Gunakan Password Manager

Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat memperoleh password yang kuat dan unik di mana saja. Misalnya, 1Password atau LastPass. Demi melindungi platform secara berkesinambungan, Twitter menggunakan beberapa metode. Misalnya, menggunakan HTTPS dan keamanan email untuk twitter.com.

Media sosial terpopuler Twitter juga melindungi akses ke akun dengan mengevaluasi lokasi, perangkat yang digunakan, dan sejarah log in untuk mengidentifikasi perilaku yang mencurigakan.

Apabila password Anda adalah salah satu yang terkena dampak dari peretasan sistem lain, Anda akan menerima notifikasi dari Twitter untuk mereset password. Dalam hal ini, akun pengguna akan tetap dilindungi sampai pemilik email atau nomor telepon mereset password.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya