Sekretaris Negara Menteri Urusan Luar Negeri Republik Ceko Miloslav Stasek bersama rombongan mengunjungi tempat pembuatan mebel di Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jateng, Selasa (10/12/2019). (Antara)

Solopos.com, JEPARA — Republik Ceko tertarik menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jepara di bidang usaha mebel dan ukir. Ketertarikan itu terucap setelah Sekretaris Negara Menteri Urusan Luar Negeri Republik Ceko Miloslav Stasek dan rombongan berkunjung ke Kota Ukir itu.

Miloslav Stasek, Selasa (10/12/2019), memimpin empat delegasi dari negaranya ke Jepara, Jawa Tengah.  Perwakilan Pemerintah Ceko tersebut diterima jajaran Pemerintah Kabupaten Jepara di Pendapa Kabupaten Jepara.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara Ratib Zaini kunjungan tetamu itu bukan hanya untuk membuka peluang kerja sama dan mempererat hubungan bilateral. Rombongan Pemerintah Ceko juga membahas pengembangan industri mebel yang ada di Kabupaten Jepara.

Rombongan perwakilan Ceko itu diajak berkunjung ke perusahaan mebel di Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jateng. Tujuannya untuk melihat langsung proses produksi mebel dari awal hingga akhir.

Selain itu, mereka juga mengunjungi sentra industri patung di Desa Mulyoharjo, Jepara, Jateng. “Dari kunjungan singkat tersebut, mereka cukup antusias dan sangat tertarik menjalin kerja sama,” ujarnya.

Ia menyambut positif ajakan mereka, namun untuk melakukan presentasi tentunya harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan pimpinan, terutama soal materi yang akan disampaikan. Setidaknya, lanjut dia, kerja sama tersebut benar-benar memiliki manfaat, terutama masyarakat di Kabupaten Jepara.

Sekretaris Negara Menteri Urusan Luar Negeri Republik Ceko Miloslav Stasek mengapresiasi kualitas hasil kerajinan mebel Jepara. “Harapan kami, antara Kabupaten Jepara dan Republik Ceko dapat terjalin sebuah kerja sama, terutama di bidang mebel kayu,” ujarnya.

Kerja sama di bidang lain, kata dia, juga memungkinkan terjadi. “Setelah ini kami tunggu di Jakarta untuk pembicaraan lebih lanjut terkait yang akan ditawarkan ke kami,” ujarnya berharap.

Dalam kunjungan tersebut, Miloslav Stasek didampingi Dubes Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek, Direktur Kantor Sekretaris Negara Republik Ceko Arnost Kares, dan Wakil Menteri Keuangan Republik Ceko Karel Tyll.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten