SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Supriyanto alias Mbah Boncel, 57, masih gagah mengayuh sepeda. Warga Dusun Mangiran, Desa Trimurti, Kecamatan Srandakan, Bantul itu telah menjelajahi 32 propinsi di Indonesia selama 278 hari pada 11 November 2006 hingga 28 Agustus 2007 sekaligus meraih rekor MURI. Dalam perjalan itu, sepeda Mbah Boncel menghabiskan empat ban sepeda.

Sejak itu, Mbah Boncel terus berpetualang dengan sepeda. Dia sudah menempuh jarak sekitar 44.000 kilometer dan mengunjungi berbagai kota. Ratusan kelompok bersepeda sudah ia kunjungi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia kini menghabiskan harinya di atas sepeda tua buatan 1948 yang merupakan warisan dari orangtuanya. Saat singgah di Wonosari, Minggu (5/6), pria yang pernah disandera GAM itu baru saja pulang dari Malang menggunakan sepeda.

“Saya dari Malang tadi malam [Sabtu malam] sesampai di Sambipitu [Patuk] saya berhenti istirahat dan dikasih tahu kalau ada kegiatan bersepeda di Alun-alun Wonosari, akhirnya saya ikut,” katanya kepada Harian Jogja di Alun-alun Wonosari..

Mbah Boncel mengaku masih ingin terus mengayuh sepeda. Masih ada sejumlah wilayah yang ingin ia singgahi seperti Pulau Nias. Dalam melakukan perjalanan ia hanya bermodal nekat. Bekalnya tak lebih dari Rp100.000.

“Saya pernah akan dikasih uang saku Rp2 juta sama Pak Idham Samawi [Mantan Bupati Bantul], tapi saya tidak mau. Komitmen awal saya bersepeda bukan mencari sensasi,” ujar dia.(Wartawan Harian Jogja/Sunartono)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya