SOLOPOS.COM - Peringatan Hari Kartini di Pemkab Kudus, Rabu (21/4/2021). (Istimewa-Pemkab Kudus)

Solopos.com, KUDUS – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kudus, Hj. Mawar Hartopo memimpin upacara peringatan Hari Lahir Raden Ajeng (RA) Kartini ke-142 di halaman Pendopo Pemkab Kudus, Rabu (21/4/2021).

Peringatan juga dihadiri Bupati Kudus Hartopo dan jajaran, Forkopimda Kudus beserta istri, Kepala OPD dan para camat, Tokoh lintas agama, serta organisasi wanita Kabupaten Kudus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengambil tema 'Perempuan Bangkit Menginspirasi Ditengah Pandemi', Mawar Hartopo menyampaikan jika hari ini memperingati hari lahir R.A. Kartini dengan suasana keprihatinan karena masih pandemi Covid-19.

"Andai Raden Ajeng Kartini masih hidup saat ini, tentunya beliau turut bersedih karena melihat banyaknya korban akibat pandemi ini. Banyak orang kehilangan pekerjaan, kebebasan, dan kemerdekaannya. Terlebih anak-anak kita yang tak bisa mendapatkan pendidikan secara maksimal, karena pembatasan akibat pandemi," tuturnya.

Baca juga: Batik Tulis Khas Kudus Makin Makin Dicari Selama Ramadan

Mawar juga mengungkapkan, jika Kartini hidup di tengah wabah saat ini, pasti beliau tidak tinggal diam. Apapun akan dilakukanya untuk bangkit dari pandemi ini.

"Kontribusi Beliau pasti akan ada untuk memastikan bahwa kaum perempuan juga mampu ambil bagian. Untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi ini. Seperti halnya saat menuliskan surat-surat dalam perjuangan kala itu. Dorongan, motivasi, inspirasi akan muncul dari aksi nyata yang dilakukanya," ungkapnya.

R.A. Kartini sebagai simbol emansipasi wanita pasti akan ikut berkontribusi untuk negara yang sedang dirundung duka akibat pandemi ini.

"R.A. Kartini merupakan pejuang emansipasi wanita agar mendapatkan kesetaraan dengan laki-laki dalam memperoleh haknya. Walau telah tiada, semangat Kartini harus tetap ada dan tetap hidup dalam diri setiap perempuan penerus bangsa. Tanpa beliau, tak kan ada pahlawan perempuan di tengah pandemi, seperti para perawat dan tenaga kesehatan yang berada di garda depan. Para ibu yang mendampingi anaknya dalam belajar. Kemudian para istri yang membantu suami menegakkan ekonomi keluarga. Juga para wanita karir yang menjalankan peran ganda, dan lainya," jelasnya.

Selalu Menginspirasi

Baca juga: Ini Pesan Bupati Kudus Hartopo Saat Cek Ujian Tatap Muka

Mawar Hartopo pun tak lupa berpesan walaupun peringatan hari Kartini saat ini tidak ada kemeriahan, namun semangat meneruskan warisan Kartini tak akan pudar dan terus menginspirasi.

"Walau momentum hari Kartini saat ini kita peringati dengan cara tidak seperti biasanya dengan kemeriahan. Namun semangat menjaga warisan beliau harus kita lestarikan. Terus menyala dan selalu menginspirasi untuk selalu tegar dan tetap semangat di tengah pandemi ini. Semoga pandemi segera berlalu dan berganti hari terang seperti hari hari sebelumnya," tandasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya