Maverick Vinales (tengah) berfoto bersama Marc Marquez (kanan) dan Andrea Dovizioso (kiri) di podium usai balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang Malaysia, Minggu (3/11/2019). (Istimewa/ @motoGP)

Solopos.com, KUALA LUMPUR -- Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Maverick Vinales, meraih kemenangan keduanya musim ini dengan meraih gelar juara Grand Prix Malaysia. Vinales tampil perkasa di Sirkuit Sepang Malaysia dan mengungguli pemimpin klasemen Marc Marquez.

Memulai balapan dari posisi kedua, pebalap asal Spanyol itu melesat untuk memimpin lomba meninggalkan lawan-lawannya hingga finis kali pertama. Vinales finish 3,059 detik lebih cepat daripada Marquez dari tim Repsol Honda yang menjadi runner-up.

Hasil itu merupakan kemenangan pertama Vinales di GP Malaysia di kelas Moto GP dan kedua kalinya di musim ini sejak GP Belanda. Andrea Dovizioso, juara di Sepang 2017 dan 2016, melengkapi podium di peringkat tiga untuk Ducati.

Marquez, yang start dari P11 tampil impresif di awal lomba, merangsek ke posisi empat besar jelang akhir lap pertama dan naik ke peringkat dua setelah melewati Jack Miller (Pramac Racing) di lap ketiga.

Kunci Gelar Juara Moto2, Alex Marquez Catatkan Rekor Baru

Dengan tambahan 20 poin sebagai runner-up, Marquez menjadi pebalap MotoGP yang meraih poin terbanyak dalam satu musim dengan 395 poin, memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Jorge Lorenzo yaitu 383 poin pada 2010 lalu.

Sementara itu hasil mengecewakan didapati tim Petronas Yamaha SRT di kandangnya. Fabio Quartararo menjalani start yang buruk sehingga belum bisa mengonversi pole position yang dia dapat untuk meraih kemenangan. Dia harus puas finis P8 di belakang rekan satu timnya, Franco Morbidelli.

Sementara itu, rekan satu tim Vinales, Valentino Rossi, berjuang keras untuk naik podium. Namun dia terus tertahan oleh Dovi di sepanjang lomba. The Doctor harus puas finis keempat diikuti Alex Rins (Suzuki Ecstar) di P5.

3 Jam Autopsi Pembalap Indonesia Afridza Syach Munandar, Ini Hasilnya

Jack Miller terlibat senggolan dengan Rins di lap ke-7 dan mengakhiri lomba di P8. Rins, yang saat ini di peringkat empat klasemen dengan 194 poin, masih berpeluang memperebutkan peringkat tiga dengan Vinales, yang unggul lima poin. Seri terakhir akan digelar di Valencia dua pekan mendatang.

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten