Tutup Iklan

Mau Suvenir Andalan dari Solo? 13 Outlet UKM Ini Buka di Bandara Adi Soemarmo

Mau Suvenir Andalan dari Solo? 13 Outlet UKM Ini Buka di Bandara Adi Soemarmo

SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo (Burhan AN/JIBI/Solopos)

Sovenir andalan Kota Solo bisa didapat di Bandara Adi Soemarmo.

Solopos.com, SOLO—Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Solo mengajak 13 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) mengisi outlet promosi produk UKM di Bandara Adi Soemarmo Solo. Outlet UKM Binaan Dinkop UMKM Solo resmi dibuka, Rabu (7/3/2018).

Beragam produk kerajinan seperti handicraft, batik, aneka bentuk suvenir, oleh-oleh khas Solo, dan kaus, dipajang di outlet tersebut.

“Dua hari ini transaksi dan respons pengunjung bandara luar biasa,” kata Kepala Dinkop dan UMKM Solo, Nur Haryani, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (8/3/2018).

Outlet dibuka di dekat pintu keberangkatan. Dengan demikian outlet itu kemungkinan besar dikunjungi calon penumpang yang akan ke luar kota atau luar negeri. Produk yang ditampilkan sangat cocok sebagai oleh-oleh atau suvenir. (baca juga: Kian Diminati, Layanan Hospitality di Bandara Adi Soemarmo Ditarget Rp220 Juta)

Tak setiap UKM punya kesempatan memamerkan produk mereka di pintu masuk dan keluar bandara itu. Nur berharap 13 UKM binaan yang berkesempatan memamerkan produk mereka memanfaatkan semaksimal mungkin media tersebut untuk menambah pelanggan.

Outlet ini kami buka untuk memperluar akses pemasaran produk UKM. Kami berharap UKM bisa berinteraksi dengan para pengunjung terutama calon penumpang dari luar kota agar wawasan mereka tentang pasar bisa bertambah,” kata Nur.

Mereka juga bisa semakin memahami selera pasar.

“Yang jelas kami tempatkan di bandara agar UKM ini juga punya kepercayaan diri dalam menjaring segmen pasar yang lebih luas lagi,” ujar dia.

Nur berharap cara ini efektif sebagai ajang promosi sehingga UKM Solo bisa naik kelas. Dalam waktu dekat pihaknya akan bekerja sama dengan salah satu mal di Solo untuk membuka outlet UKM di mal tersebut.

Pemilik usaha kami dan jilbab lukis Nasfara, Yani Mardiyanto, berharap outlet di Bandara Adi Soemarmo menjadi pintu masuk untuk menjaring pelanggan yang lebih luas. Yani memproduksi jilbab, payung, dan tas lukis.

“Kebetulan hari pertama buka, pas ada tamu dari Kementerian Kelautan, mereka mau naik pesawat mampir sebentar di outlet. Beberapa pengunjung membeli produk kami karena kebetulan produk yang kami pajang di outlet cocok sekali untuk oleh-oleh,” kata Yani.

Yani tidak menargetkan nilai transaksi di outlet itu tapi lebih fokus kepada promosi. Setiap pengunjung bisa mengambil kartu nama atau brosur tentang produk milik pelaku UKM yang diminati.

“Dari situlah kami berharap ada pesanan yang lebih besar lagi, kalau di outlet kan hanya ritel,” paparnya.

Pemilik Safitri Batik & Craft, Endang Safitri, memajang boneka batik berwujud aneka satwa dengan harga Rp35.000-Rp175.000/biji. Dia yang memulai usahanya dari sarung bantal batik, kemudian tas batik, kini lebih fokus pada boneka batik karena peminatnya cukup tinggi dan belum banyak pesaing. Setiap ikut pameran di Jakarta, boneka batiknya k diminati warga asing yang berkunjung terutama asal Jepang.

“Dengan hadir di outlet UKM di bandara harapannya bisa dapat pelanggan yang lebih banyak lagi, khususnya yang dari luar kota, terutama luar Jawa. Kalau selama ini sudah banyak sebenarnya order dari Jakarta dan Bali,” ujar dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Lowongan Nakes CT Corp Janjikan Gaji Rp50 Juta

CT Corp, konglomerasi bisnis milik Chairul Tanjung, membuka lowongan kerja tenaga kesehatan dengan gaji Rp50 juta untuk lima hari sepekan.

Jakarta Tak Lockdown Karena Kas Defisit

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak memilih opsi pemberlakuan kembali PSBB atau bahkan lockdown karena defisit kas daerah.

Pemprov Jateng Minta RS Tak Panik Kelangkaan Oksigen

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh rumah sakit rujukan Covid-19 di Jaateng tak panik keterbatasan stok oksigen.

Keluarga Positif Corona, Zaskia Adya Mecca Paparkan Akibat Covid-19

Keluarga Zaskia Adya Mecca terinfeksi virus corona sejak sepekan lalu dan menjalankan isolasi mandiri di Yogyakarta.

Talang Atap Pasar Gede Solo Bocor Banjiri Barang Dagangan, Sudah 5 Bulan Belum Diperbaiki

Talang dan atap Pasar Gede Solo bocor sehingga air kerap membanjiri barang dagangan di salah satu kios setiap kali turun hujan deras.

Semifinal & Final Euro 2020 Tetap di Wembley, Begini Skenarionya…

UEFA akhirnya menetapkan skenario kapasitas penonton yang diizinkan menyaksikan langsung semifinal dan final Euro 2020 di Stadion Wembley.

Perhatikan, Ini Beda Gejala Covid-19, Pilek, Flu, & Alergi!

Gejala Covid-19, pilek, flu, dan alergi cenderung hampir mirip namun masih ada beberapa perbedaan gejala yang bisa dijadikan perhatian.

Dokter Lo Dirawat Di ICU RS Kasih Ibu Solo, Sakit Apa?

Dokter Lo yang terkenal karena kegigihan dan kedermawanannya menolong pasien saat ini tengah dirawat di ruang ICU RS Kasih Ibu Solo.

Aturan Jam Buka Pusat Perbelanjaan Solo Bakal Direvisi, Pukul 8 Malam Harus Tutup

Aturan terkait jam buka pusat perbelanjaan Kota Solo bakal direvisi untuk menyesuaikan dengan instruksi terbaru Menteri Dalam Negeri.

Pascaperusakan Makam Mojo, Mobil Dinas Wali Kota Solo Gibran Diinapkan di Lapangan Kenteng

Mobil dinas Wali Kota Solo Gibran diinapkan di Lapangan Kenteng yang berjarak beberapa meter dari rumah belajar pelaku perusakan makam Mojo.

Korsleting Saat Isi Daya Sepeda Listrik, 3 Rumah Di Sondakan Solo Terbakar

Tiga rumah di wilayah Sondakan, Laweyan, Solo, terbakar diduga akibat korsleting saat salah satu penghuni rumah mengisi daya sepeda listrik.

UNESCO Usulkan Salatiga Jadi Kota Kreatif Gastronomi, Mantap!

Rekomendasi atau usulan Kota Salatiga menjadi Kota Kreatif Gastronomi diberikan UNESCO setelah melalui seleksi yang panjang.