Mau Renovasi Rumah, Pria Ini Temukan Koin Kuno Seberat 5,6 Ton

 Seorang pria mengumpulkan koin kuno yang ditemukan di lahan milik warga (Chinadaily)

SOLOPOS.COM - Seorang pria mengumpulkan koin kuno yang ditemukan di lahan milik warga (Chinadaily)

Koin kuno ditemukan setelah dilakukan penggalian untuk keperluan renovasi rumah.

Solopos.com, JINGDEZHEN – Warga Distrik Fuliang, Kota Jingdezhen, Provinsi Jiangxi, Tiongkok Timur menemukan benda kuno di bawah rumahnya saat berniat melakukan renovasi. Benda berbentuk koin itu hampir 300.000 keping dengan berat total 5,6 ton.

Dilansir China Daily, Kamis (26/10/2017), awalnya seorang warga Desa Chacun, Distrik Fuliang berniat merenovasi rumahnya yang sudah cukup tua. Saat dilakukan penggalian ditemukan koin-koin kuno. Kabar tersebut sontak menghebohkan warga, berdasarkan legenda desa tersebut, warga mempercayai koin-koin tersebut milik tuan tanah yang ada di aera tersebut kurang lebih 1000 tahun lalu.

Penemuan yang bisa terbilang besar itu mengundang perhatian otoritas setempat. Tim arkeolog yang bertugas melakukan ekskavasi baru selesai mengumpulkan koin-koin tersebut pada Minggu (22/10/2017). Koin kuno sebanyak hampir 300.000 keping dengan berat total kurang lebih 5,6 ton, diperkirakan berasal dari Dinasti Song (960-1279), sehingga bisa diperkirakan koin tersebut berusia lebih dari 800 tahun.

Koin kuno berusia lebih dari 800 tahun (Chinadaily)

Kurator dari Museum Fuliang, Feng Ruqin memprediksi koin tersebut bukan milik tuan tanah atau konglomerat pada zamannya. Dilihat dari nominal koin yang cenderung kecil, diduga koin tersebut sengaja dikumpulkan oleh sebuah komunitas. Bisa jadi koin tersebut merupakan aset sebuah bank lokal di area tersebut. Bank-bank lokal zaman dahulu biasa digunakan untuk tempat menukarkan barang berharga.

Ruqin menambahkan setelah penemuan ini tim arkeolog memerlukan waktu kurang lebih dua hingga tiga tahun untuk membersihkan, meneliti, hingga mengkategorikan koin-koin tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mengenal Frederika Cull, Pemeran Miranda Layangan Putus

Bagaimanakah perasaan Frederika Cull menjadi salah satu pemeran Layangan Putus, berperan sebagai Miranda?

Kapolri Impikan Polisi Punya Kemampuan Auditor Keuangan

Kapolri menyebutkan, pentingnya pemberian sertifikat CSFA untuk para perwira menengah dan perwira pertama Polri agar memiliki kemampuan untuk melakukan audit.

Tak Boleh Digunakan Berdagang, Kios Darurat Pasar Legi Solo Dibongkar

Pemkot Solo juga mengimbau pedang Pasar Legi yang belum pindah ke bangunan baru Pasar Legi untuk bisa memasuki pasar sebelum peresmian dilakukan

Alasan Bank BJB Optimistis Tatap 2022 Lebih Cerah

Bank BJB pada 2021 telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digitalisasi sehongga berdampak pada pendapatan fee based income yang naik signifikan.

Mau Liat Indekos Jokowi hingga Mahfud MD di Jogja? Kunjungi Kampung Ini

Kelurahan Terban di Kota Jogja tengah mengembangkan konsep wisata nostalgia karena di daerah itu terdapat indekos yang pernah ditempati Presiden Jokowi.

Ahli Kepolisian: Penembakan Anggota Laskar FPI Seusai Prosedur

Penembakan empat anggota FPI yang dilakukan oleh dua polisi di Tol KM 50 tidak menyalahi prosedur karena insiden itu masuk kategori situasi ekstrem.

Ketimpangan Pengeluaran dan Pengaruh Buta Huruf Terhadap Kemiskinan

Angka ketimpangan pengeluaran dan rasio angka buta huruf dan pengaruhnya terhadap kemiskinan.

Kisah Dibalik Perubahan Nama Yusuf Mansur, Sama-Sama 2 Kali Dipenjara

Yusuf Mansur membeberkan kisah dibalik perubahan namanya dari Jam'an Nurchotib Mansur menjadi Yusuf Mansur, yakni sama-sama pernah dua kali dipenjara.

250 Juta Liter Digelontor, Minyak Goreng Satu Harga Rp14.000 Mulai Besok

Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng Rp14.000,00 per liter akan dimulai Rabu, 19 Januari 2022 pukul 00.00 WIB di seluruh Indonesia.

Ternyata Ada Jembatan Amien Rais di Klaten, Ini Lokasinya

Jembatan itu kerap disebut dengan nama Jembatan Amien Rais lantaran pengecoran jembatan dilakukan warga memanfaatkan gelontoran bantuan dari tim Amien Rais kala menjadi capres pada Pilpres 2004.

Overpass DI Pandjaitan Diharap Kelar Sebelum Rel Layang Joglo Dimulai

Dishub Solo berharap pengerjaan peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, bisa selesai sebelum rel layang Joglo dan perbaikan viaduk Gilingan dimulai.

Mengingat Lagi Maskot Persis Solo Juna si Alap-Alap

Persis Solo memiliki sebuah maskot berbentuk burung alap-alap kawah. Maskot ini sempat rutin berada di pinggir lapangan saat Laskar Sambernyawa bermain.

+ PLUS Pranata Mangsa dalam Jejak Ilmu Astronomi di Balik Kemegahan Borobudur

Pembangunan Candi Borobudur disebut menunjukkan Matematika kuno dan telah mempertimbangkan ilmu Astronomi.

Hendak Salip Truk, Pengendara Motor di Pati Meninggal

Kecelakaan maut menimpa seorang pengendara motor di Kabupaten Pati yang terlindas truk saat berusaha menyalip truk dari sisi kiri.

Jemaah Umrah Perdana di DIY Dilepas dengan Isak Tangis

Kanwil Kemenag DIY memberangkatkan jemaah umrah perdana melalui Bandara YIA, Kulonprogo, pada Selasa (18/1/2022).

Gempa Afghanistan Telan Korban 22 Nyawa

Korban meninggal akibat gempa bermagnitudo 5,6 di Provinsi Badghis, Afghanistan bertambah menjadi 22 orang, Selasa (18/1/2022).