Kategori: Jateng

Mau Pulang ke Negaranya, Bule Italia di Salatiga Malah Positif Covid-19


Solopos.com/Imam Yuda Saputra

Solopos.com, SEMARANG -- Seorang warga negara asing (WNA) asal Italia di Kota Salatiga dinyatakan positif Covid-19, Sabtu (6/6/2020). Pria berusia 70 tahun asal Italia itu menetap di Salatiga sejak Januari 2020. Ia tinggal di Kelurahan Mangunsari, Salatiga.

2 Tenaga Kesehatan Puskesmas Solo Positif Corona: Asal Mojosongo dan Sukoharjo

WNA Italia itu sebenarnya ingin pulang ke negara asalnya sejak lama. Meski demikian, niatanya itu gagal menyusul diterapkannya lockdown di negara asal.

"Nah, sekarang dia mau pulang jadi dites swab dulu. Ternyata, hasil swab menyatakan dia positif Covid-19," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Salatiga, Siti Zuraidah, Sabtu (6/6/2020).

Bugil Sendirian di Pematang Sawah, Setelah Diperiksa Ternyata Sudah Meninggal

Zuraidah mengaku Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Salatiga sudah melakukan tracing terhadap pihak-pihak yang telah melakukan kontak fisik dengan WNA Italia itu.

"Swab test dan rapid tes sudah kita lakukan dengan orang yang telah melakukan kontak dengan WNA itu. Sementara, WNA itu saat ini sudah melakukan isolasi secara mandiri di rumah. Kita akan upayakan isolasi di rumah sakit," imbuhnya.

Tagihan Listrik Naik, Ini Loh Penyebabnya

Sementara itu, hingga Sabtu siang total penularan Covid-19 di Salatiga telah mencapai 49 kasus.

Dari 49 kasus itu, 29 pasien masih menjalani perawatan dan sisanya, 20 orang dinyatakan sembuh.

Zuraidah mengatakan saat ini Pemkot Salatiga masih menetapkan status tanggap darurat pandemi Covid-19. Oleh karenanya, ia pun meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pasang Perangkap Tikus, Petani di Godong Grobogan Meninggal Tersetrum

"Kita juga akan terus melakukan rapid test dan swab test secara masif. Tidak perlu takut, serta mendiskriminasi orang-orang yang telah melakukan tes," imbuhnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf