SOLOPOS.COM - Pengundian nomor urut paslon peserta Pilkada Wonogiri 2020, Kamis (24/9/2020). (Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI -- Kedua pasangan cabup-cawabup Pilkada Wonogiri 2020 belum memanfaatkan kampanye daring atau online hingga Senin (5/10/2020).

Bahkan, paslon nomor urut satu, Hartanto-Joko Purnomo atau Harjo, juga belum pernah menggelar kampanye tatap muka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota Bawaslu Wonogiri Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga, Joko Kiswanto, kepada Solopos.com, Senin, menginformasikan hingga hari itu kedua paslon belum menyampaikan pemberitahuan pelaksanaan kampanye.

Protes Pengesahan Omnibus Law, Aktivis Mahasiswa Solo Dukung Mogok Kerja Nasional

Ekspedisi Mudik 2024

Kampanye daring bisa melalui aplikasi Zoom atau aplikasi lain. Joko juga belum mendapat laporan dari tim pengawas tingkat kecamatan maupun desa tentang adanya paslon yang menggelar kampanye daring.

Sesuai ketentuan, paslon peserta Pilkada Wonogiri 2020 yang akan menggelar kampanye melibatkan audiens, baik daring maupun tatap muka yang boleh sesuai aturan, harus memberi tahu polisi dan Bawaslu.

“Tapi kalau penyampaian-penyampaian konten tertentu via akun medsos [media sosial] yang terdaftar pada KPU [Komisi Pemilihan Umum] sudah ada. Kalau mau mengunggah konten ke medsos tidak perlu memberi tahu polisi dan Bawaslu. Pemantauan kami, hingga saat ini tidak ada hal yang melanggar ketentuan,” kata Joko.

Begini Ceritanya Remaja Sragen Terpisah Dari Orang Tuanya Dan Hilang 10 Tahun Lalu

Kampanye Tatap Muka

Dia melanjutkan paslon nomor urut satu, Harjo, mendaftarkan empat akun medsos. Sementara paslon nomor urut dua, Joko Sutopo-Setyo Sukarno atau Josss, mendaftarkan 10 akun medsos.

Tim pengawas intensif memonitor aktivitas dunia maya dari akun-akun kampanye Pilkada Wonogiri tersebut. Joko mengimbau paslon atau tim pemenangan hanya menggunakan akun medsos yang terdaftar pada KPU jika ingin mengunggah suatu konten.

Pada sisi lain hingga Senin hanya paslon Josss yang sudah berkampanye tatap muka skala terbatas. Kampanye tatap muka itu berlokasi Desa Gambiranom, Baturetno, Minggu (4/10/2020) malam, dengan menghadirkan juru kampanye cawabup Setyo Sukarno.

Pencuri Tertangkap Basah Ambil Uang Rp4 Juta Dari Kotak Amal Masjid Pasar Legi Solo

Peserta kurang dari batas maksimal yang boleh sesuai aturan, yakni 50 orang. Kampanye berjalan lancar dan tidak ada pelanggaran aturan pilkada maupun penerapan protokol kesehatan.

Kampanye oleh cawabup peserta Pilkada Wonogiri dari PDIP di Gambiranom itu merupakan satu dari 12 tempat di Baturetno yang akan menjadi lokasi kampanye tim pemenangan Josss.

Berdasar surat pemberitahuan, kampanye berlangsung dalam rumah para ketua ranting PDIP dengan juru kampanye cawabup Setyo Sukarno.

Mobil Nyungsep Ke Selokan Jalan Ponorogo-Madiun, Bapak dan Anak Terluka

Menertibkan Spanduk

“Tim pemenangan paslon Harjo hingga Senin belum memberi tahu tentang rencananya kampanye tatap muka. Tim pengawas juga belum mendapati adanya kampanye tatap muka Harjo,” imbuh Joko.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Wonogiri, Ali Mahbub, menambahkan tim pengawas bersama Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP menertibkan spanduk bergambar paslon mulai Senin hingga beberapa hari berikutnya.

Spanduk yang mayoritas bergambar Josss itu sudah ada sebelum penetapan paslon peserta Pilkada Wonogiri, sehingga bukan termasuk alat peraga kampanye atau APK.

Tim Pemenangan Gibran-Teguh Ajak Parpol Koalisi Gerus Suara Partai Nonpendukung

Hanya APK dari KPU dan APK tambahan dari paslon yang sudah didaftarkan ke KPU yang boleh dipasang. Sebelumnya, Bawaslu sudah menyurati tim pemenangan masing-masing paslon agar menertibkan.

“Ada tim pemenangan yang sudah menertibkan spanduk, tapi hanya sebagian kecil. Kami melihat sudah ada APK tambahan dari paslon. Kalau yang seperti itu enggak masalah selama tempat pemasangannya bukan pada lokasi terlarang,” ujar Ali.

KPU Sukoharjo Rekrut 12.425 KPPS, Salah Satu Syaratnya Surat Pernyataan Bebas Covid-19

Berikut Akun Medsos Kampanye Terdaftar di KPU Wonogiri
Akun Harjo
Harjo Center Wonogiri (Channel Youtube)
Harjo Media Center (Facebook)
@harjocenter (Instagram)
@harjocenter (Twitter)



Akun Josss
Joko Sutopo For Wonogiri (Facebook)
Koalisi Wonogiri Sukses (Facebook)
PDIPPerjuanganWonogiri (Facebook)
@jekeksetyo (Instagram)
@jekek_setyo (Instagram)
@dpc_pdip_perjuangan_wonogiri (Instagram)
@f_pdipwonogiri (Instagram)
@SetyoSutopo (Twitter)
@PDIP_Wonogiri (Twitter)
@f_pdipwonogiri (Twitter)

Sumber: Bawaslu Wonogiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya