SOLOPOS.COM - Pembalap Gresini Racing MotoGP Fabio Di Giannantonio memacu kecepatan motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Minggu (13/2/2022). (Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, SOLO – Rangkaian balapan seri kedua MotoGP musim 2022 bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat-Minggu (18-20/3/2022) mendatang. Salah satu ajang otomotif paling bergengsi itu tentu akan menyedot penonton untuk berbondong-bondong ke Mandalika sekaligus menikmati objek wisata yang recomended.

Ya, Pulau Lombok memang memiliki sejuta keindahan yang tak kalah dibanding tetangganya, Bali. Tak lengkap rasanya jika hanya menonton MotoGP tanpa sempat mampir berwisata di Lombok.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Berikut lima objek wisata yang bisa disambangi di kawasan dekat Sirkuit Mandalika.

  1. Pantai Tanjung Aan

Tak percaya akan keindahan Pantai Tanjung Aan? Bayangkan terlebih dahulu Anda berdiri menghadap ke pantai yang langsung mengarah ke Samudra Hindia. Indah bukan?

Baca Juga: Padi Reborn Siapkan Lagu Penuh Semangat di Mandalika Music Vibes

Objek wisata yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2017 ini menjadi salah satu yang recomended bagi Anda yang sudah berencana menonton MotoGP di Sirkuit Mandalika. Jaraknya hanya sekitar 5 km dari Sirkuit Mandalika dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit.

Pantai Aan diselimuti pasir putih yang indah dan pemandangan laut biru yang bakal memanjakan mata wisatawan. Selain bersantai menunggu sunset alias matahari tenggelam, wisatawan juga bisa melakukan olahraga air seperti berenang, berselancar, serta menyelam.

  1. Kulineran di Kuta

Bukan hanya wisata pantai, para penonton MotoGP bisa menemukan lokasi wisata kuliner recomended di sekitar Sirkuit Mandalika Lombok. Kuta adalah salah satu tempat untuk memanjakan lidah para wisatawan di Lombok.

Baca Juga: Ludes, Tiket MotoGP 2022 Mandalika di Tiketapasaja.com Terjual Habis

Hanya berjarak 5 km dari Sirkuit Mandalika, wisatawan dapat menemukan berbagai macam kafe dan restoran yang menawarkan berbagai macam pilihan hidangan. Mau Ayam Taliwang khas Lombok? Sudah pasti ada sederet restoran di kawasan Kuta yang menyediakannya.

  1. Bukit Merese

Hlo? Di Lombok juga ada bukit? Kirain cuma ada pantai. Nah, buat kalian yang belum tahu, sekitar 4,5 km di selatan Sirkuit Mandalika, ada Bukit Merese yang letaknya tak jauh dari kawasan pantai.

Bukit Merese menjadi objek wisata recomended bagi para penonton MotoGP karena lokasinya sangat dekat dengan sirkuit. Keindahan sunset atau matahari tenggelam sekaligus sunrise atau matahari terbit bisa dinikmati dari satu bukit ini.

  1. Desa Adat Sade

Setelah menikmati keindahan alam dan kenikmatan karya kuliner Lombok, saatnya menikmati kebudayaannya. Desa Adat Sade yang merupakan tempat tinggal dari Suku Sasak bisa disambangi hanya dalam waktu 27 menit dari Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Ajang MotoGP, Michelin Siapkan 30 Jenis Ban Untuk Pembalap

Desa ini memiliki ciri khas bagunan tradisional yang unik. Setiap bangunan memiliki atap yang terbuat dari ijuk, tembok anyaman bambu yang tidak menggunakan paku, dan lantai yang masih beralaskan tanah. Selain itu, anda juga bisa berinteraksi langsung dengan penduduk local dan melihat dan mempelajari proses pembuatan kain Songket.

  1. Pantai Seger

Berbeda dengan pantai lainnya di Lombok, Pantai Seger akrab dengan wisata kebudayaannya. Pantai ini menjadi objek wisata recomended bagi penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika karena kalian akan berkesempatan melihat kegiatan kebudayaan Bau Nyale.

Pesta adat Bau Nyale biasanya berlangsung pada pertengahan Februari dan Maret, sangat pas dengan gelaran MotoGP. Ratusan warga akan berkumpul di pinggir pantai untuk memperingati pengorbanan Putri Mandalika dengan cara menangkap cacing laut.

Namun, wisatawan disarankan untuk menggunakan mobil untuk berkeliling dari satu tempat ke tempat lain di Lombok demi menghemat waktu. Rental mobil dari TRAC bisa menjadi solusi para calon penonton MotoGP Mandalika yang masih kebingungan mencari alat transportasi untuk berkeliling.

Baca Juga: MotoGP Siap Digelar di Mandalika, Ayam Taliwang Ditarget Mendunia

Ada berbagai macam pilihan unit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan pilihan penyewaan dengan pengemudi atau self-drive dari TRAC. Dengan begitu, para penonton MotoGP dapat menjelajahi keindahan deretan wisata recomended di sekitar Sirkuit Mandalika Lombok dengan lebih leluasa.

Proses rentalnya pun sangat mudah. Anda cukup melakukan pemesanan melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa di download melalui Google Playstore dan Appstore. Tak lupa, ada berbagai macam promo yang dapat dinikmati.

TRAC juga telah menerapkan protokol kesehatan Smart Protokol, yang berarti semua unit telah melalui proses disinfektan sebelum dan sesudah perjalanan. Seluruh pengemudi TRAC juga telah divaksin sehingga penyewa dijamin dijamin nyaman dan aman bersama TRAC saat berwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya