Tutup Iklan
Mau Mudik Lebaran? Tiket KA untuk H-10 Bisa Dipesan Mulai Rabu
Calon penumpang KA Pramex mengantre tiket di Stasiun Solo Balapan, Minggu (3/7/2016). Selama libur Lebaran antusias warga untuk menggunakan kereta api menuju Yogyakarta cukup tinggi. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

PT KAI merilis jadwal pemesanan tiket KA untuk arus mudik Lebaran 2018.

Solopos.com, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah merilis jadwal pemesanan tiket kereta api (KA) untuk perjalanan Lebaran 2018, 15-16 Juni mendatang. Sesuai waktu pemesanan tiket yakni tiga bulan sebelumnya (H-90) untuk jadwal keberangkatan, tiket untuk H-10 Lebaran sudah bisa dipesan mulai Rabu (7/3/2018) pukul 00.01 WIB.

“Ya, jadi sesuai informasi dari tim komersial, besok Rabu sudah bisa pesan tiket KA untuk H-10 Lebaran atau untuk perjalanan 5 Juni,” kata Kepala Stasiun Balapan Solo, Nuruddin, saat berbincang dengan Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (5/3/2018).

Nuruddin menegaskan jadwal pemesanan tiket KA yang sudah beredar di masyarakat adalah jadwal perjalanan kereta reguler. Manajemen Stasiun Solo Balapan belum menerima informasi resmi terkait operasional kereta tambahan Lebaran

“Yang jelas untuk seluruh Jawa rencananya ada tambahan 20 rangkaian kereta. Saat ini, pemesanan rangkaian baru di PT Inka sebanyak 438 unit juga sudah mulai diuji coba. Kemungkinan nanti dipakai saat operasional angkutan Lebaran,” kata Nuruddin. (Baca: Mau Ikut Program Angkut Motor Gratis Pakai KA Saat Lebaran, Daftar Sekarang!)

Menurut dia, jumlah kereta tambahan yang beroperasi saat Lebaran kemungkinan tidak jauh berbeda dibanding angkutan Lebaran tahun-tahun sebelumnya. “Yang lewat di Stasiun Balapan ada Sancaka, Lodaya, Argo Lawu, Argo Dwipangga. Biasanya, kereta tersebut menjalankan kereta tambahan. Kami juga akan memaksimalkan rangkaian KA wisata,” tutur dia.

Soal harga tiket KA untuk perjalanan Lebaran, PT KAI juga belum menyampaikan harga resmi. Tahun lalu, harga tiket KA saat Lebaran naik kisaran 30%. Namun, kenaikan harga tiket hanya berlaku untuk perjalanan kereta tanpa subsidi pemerintah, seperti kereta bisnis dan eksekutif.

“Kalau di luar momen Lebaran, harga tiket KA eksekutif saat weekday adalah Rp350.000/penumpang dan saat weekend Rp450.000/penumpang. Tiket KA bisnis saat weekday adalah Rp275.000/penumpang sedangkan saat weekend Rp285.000/penumpang.”

Bagi calon pengguna jasa yang ingin berburu tiket KA saat Lebaran bisa memanfaatkan jaringan eksternal yang sudah bekerja sama dengan PT KAI. Selain KAI Access, calon pengguna jasa bisa mendapatkan tiket melalui Internet booking seperti Tiket.com, Traveloka, dan sebagainya, serta beberapa mini market kerja sama.

“Sekarang beli tiket KA kan sudah jauh lebih mudah. Jadi tidak perlu antre di loket stasiun.”

Corporate Communication Manager PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan untuk saat ini PT KAI belum membuat rencana operasional KA atau angkutan Lebaran 2018.

“Namun, jadwal pemesanan tiket untuk perjalanan Juni itu sudah mulai disosialisasikan karena kebetulan ada momen Lebaran, yang tiketnya sudah bisa dibeli sejak sekarang atau H-90. Itu pun baru untuk perjalanan KA reguler, untuk KA tambahan belum ada perencanaan,” kata Eko.

Menurut Eko, belum banyak calon pengguna jasa yang memesan tiket KA untuk periode sebelum H-10 Lebaran. “Kemungkinan untuk H-7 mulai banyak diburu. Ya nanti dilihat dulu jadwal dimulainya cuti bersama, biasanya di tanggal itulah pelanggan mulai ramai pesan tiket. Biasanya pelanggan akan cepet-cepatan agar tak kehabisan tiket. Tapi sekarang pesan tiket kan lebih mudah, enggak perlu antre di loket stasiun,” ujar dia.

Dia hanya mengimbau calon pengguna jasa untuk terus mengakses informasi ketersediaan tiket baik melalui KAI Access maupun fitur penjualan tiket lainnya. “Ya update terus kalau enggak mau kehabisan tiket. Karena sudah menjadi tradisi, setiap angkutan Lebaran kursi kereta api selalu penuh.”


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho