SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyarankan kepada masyarakat yang melintas di wilayahnya saat mudik Lebaran nanti menggunakan jalur selatan atau Jalan Urut Sewu.

Jalan Urut Sewu merupakan jalan alternatif ke arah Purworejo, selain Jl. Ambal-Kembaran jika dari Jl. Diponegoro, Kebumen dan jalan alternatif ke Banyumas atau Cilacap, selain Jl. Deandels.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jalur sepanjang 211,95 km ini pun dilakukan pengecekan oleh Ganjar pada Kamis (23/5/2019) sebagai rangkaian persiapan menghadapi mudik Lebaran 2019.

Ekspedisi Mudik 2024

Begitu merasakan langsung jalanan Urut Sewu, Ganjar pun langsung merekomendasikan kepada para pemudik agar melintas di jalur selatan. Selain karena kualitas jalan, pemandangan yang disajikan cukup menawan, dari areal persawahan, perbukitan, perkebunan kelapa hingga pantai.

“Ini aspalnya juga bagus, model Jerman kalau tidak salah. Lebih kuat karena agak kasar. Jalurnya bagus dan tempatnya indah. Ini kita siapkan untuk pemudik yang lewat selatan. Ini sudah siap dilintasi pemudik. Kendaraan ini sudah berlalu lalang,” katanya.

Jalan tersebut memiliki panjang total 211.95 km. Sampai tahun anggaran 2018 sudah dikerjakan sepanjang 151,23 km atau 71,35 persen. Ganjar yang sehabis berziarah di makam kedua orangtuanya di Purworejo kemudian meluncur menuju titik awal Jalan Urut Sewu Kebumen. Melihat kualitas aspalnya Ganjar pun tergoda untuk melintas sampai ujung.

“Kalau kemarin semua orang ngecek Pantura, sekarang kita mau cek jalur selatan. Saya mau muter sampai pol jalan ini, saya ini mau memastikan jalan ini sampai ujungnya. Jadi mungkin tembusnya ke Banyumas dan terus saya berlanjut ke utara,” katanya.

Namun demikian Ganjar menyarankan pada pemudik yang memilih jalur selatan untuk berhati-hati karena masih minimnya lampu penerangan jalan. Namun dirinya berjanji bakal segera menangani hal tersebut.

“Nanti kita bantu dengan pasang eliniator mudah-mudahan mudik lebaran lewat selatan bisa lebih lancar,” katanya.

Selain itu Ganjar juga mengatakan untuk jalur tengah memang ada sedikit hambatan karena pengerjaan pelebaran jalan di Jambu, Kabupaten Semarang yang sampai saat ini belum selesai. Namun, dia memastikan segala alat berat dan material pengerjaan tidak akan mengganggu pemudik.

“Tinggal yang jalur tengah tadi yang masih jadi PR adalah yang di Jambu. Oleh karena itu bantuan dari kabupaten sangat penting,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya