SOLOPOS.COM - Suasana bagian dalam bus kafe di Wonogiri garapan Bintang Laut Holiday, Purwantoro, Wonogiri. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Transbuck Bus Cafe garapan perusahaan otobus di Wonogiri, Bintang Laut Holiday, mematok harga mulai Rp40.000 untuk perjalanan menikmati suasana desa di dalam bus kafe ini.

Harga yang ditawarkan bus pariwisata asal Kecamatan Purwantoro, Wonogiri tersebut berlaku untuk perjalanan sejauh 10 kilometer. Penumpang juga bisa mendapatkan minuman dan makanan di dalam bus.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Inovasi bus kafe di Wonogiri ini untuk menghadapi dampak buruk Covid-19 di bidang pariwisata. Pemilik PO Bintang Laut Holiday, Budi Haryanto, mengatakan biaya untuk bisa menyewa atau naik bus tersebut bervariasi.

Pasien Positif Covid-19 Wonogiri Tambah 2 Orang

Ekspedisi Mudik 2024

Pehitungan harga tergantung rute dan paket konsumsi alias makan dan minum yang diinginkan penumpang. Biaya dihitung berdasarkan jumlah orang, bukan berdasarkan satu rombongan.

Pada pekan lalu ada rombongan yang melakukan perjalanan dengan bus kafe sejauh 10 kilometer di wilayah perdesaan Kecamatan Bulukerto. Satu penumpang dikenai biaya Rp40.000.

Selain itu, bus kafe di Wonogiri tersebut juga pernah melayani rombongan yang melakukan perjalanan dengan rute kawasan pusat Kabupaten Wonogiri ke Kabupaten Ponorogo. Satu penumpang dikenai biaya Rp85.000.

Perusahaan di Wonogiri Juga Bikin Cafe dan Bus, Yuk Intip Dalemannya

Bus Kafe Siap Menjemput Penumpang

"Biaya tersebut sudah termasuk paket makanan dan minuman di dalam bus. Biaya yang dikenakan juga sudah termasuk biaya menjemput penumpang. Penumpang akan kami jemput," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (6/7/2020).

Penyediaan makanan dan minuman di dalam bus, menurut dia, tidak ditangani langsung oleh pihak otobus. Di saat pandemi, ia tidak ingin mementingkan perusahaannya saja.

Dia bekerja sama dengan pengusaha kuliner di sekitar penjemputan penumpang. Pelaku usaha kuliner diajak kerja sama untuk menyediakan kuliner di dalam bus kafe di Wonogiri.

Marak Jual Beli Akun Rekening Bank di Medsos, BTPN Ancam Tindak Tegas Pelaku

Sementara itu, selain makan minum di dalam bus penumpang juga mendapatkan fasilits lain. Seperti, air conditioner (AC), free Wifi, karaoke, televisi, full audio, disco lamp, meja kafe, charger USB, dan berbagai fasilitas lainnya.

Bus yang digunakan untuk fasilitas bus kafe oleh perusahaan otobus di Wonogiri ini adalah jenis Jetbus 3+ Medium High Dacker berukuran sedang.

Ia tidak memilih bus berukuran besar karena untuk keliling di daerah perdesaan Wonogiri dan Ponorogo hanya bisa dijangkau dengan bus medium atau sedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya