SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberangkatkan bus trip wisata edukasi Soloraya di Balai Kota Solo setelah upacara hari ulang tahun Pemerintah Kota Solo, Kamis (16/6/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo memiliki layanan bus wisata edukasi yang melayani rute di kawasan Soloraya. Bus wisata ini pun sering dimanfaatkan oleh sejumlah sekolah untuk mengajak siswa berwisata. Lalu berapa tarif dan bagaimana pemesanan bus wisata Solo tersebut?

Berdasarkan penelusuran Solopos.commelalui brosur bus trip wisata edukasi Soloraya yang diunggah pada akun Instagram @dishubsurakarta, Minggu (26/6/2022),tarif tiket penumpang Rp75.000 per orang minimal usia 3 tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tarif sewa atau carternya Rp975.000. Pemesanannya bisa melalui nomor 081392493153. Waktu pelayanannya Sabtu, Minggu, tanggal merah, atau bisa menyesuaikan.

Fasilitas Bus Wisata Solo

Adapun fasilitas yang diberikan berupa tiket masuk objek wisata, bus medium dengan 16 tempat duduk, tur guide, dan air mineral.

Destinasi yang disiapkan di Sukoharjo, yakni produksi alkohol Bekonang, sentra produksi kain pantai Bekonang, sentra produksi gamelan Wirun, sentra produksi karak dan Embung Pengantin.

Baca juga: Rute Bus Wisata Solo-Wonogiri Kemana Saja?

Selanjutnya di Boyolali, terdapat Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Makam Yosodipuro Pengging. Di Klaten, ada sentra produksi mi suun di Daleman Klaten, pembenihan ikan air tawar di Daleman, dan Umbul Pelem.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno, menjelaskan mayoritas wisatawan merupakan kalangan sekolah sejauh ini. Layanan akan dikembangkan untuk menggali potensi Soloraya.

“Nanti kami bahas lagi penambahan destinasi. Wonogiri masih kami bahas lagi dan kemungkinan Karanganyar,” jelasnya.

Baca juga: Kendaraan Listrik Wisata Solo Dan Sepur Kelinci Boleh Jalan, Tapi…

Dia mengatakan ada sejumlah destinasi wisata yang masih dalam pembahasan dengan Pemkab Wonogiri. Kondisi jarak tempuhnya lebih jauh dari tiga kabupaten lain.

“Masalahnya bukan wisata singkat. Nanti ke Wonogiri bisa seharian dengan tarif yang mungkin berbeda,” paparnya.

Dia mengatakan jumlah armada ada tiga sampai empat bus. Dishub bakal memperbaiki bus yang telah tidak dipakai untuk layanan Batik Solo Trans.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya