Ilustrasi Ramadan (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KLATEN -- Pemkab Klaten menggelar kegiatan tarawih keliling (tarling) ke masjid-masjid di lima eks kawedanan di Klaten pada Ramadan tahun ini. Bantuan hibah Rp35 juta akan diberikan ke setiap masjid yang menjadi lokasi tarling.

Kabag Humas Setda Klaten, Wahyudi Martono, mengatakan tarling menjadi agenda rutin Pemkab setiap Ramadan. Kegiatan tersebut diisi dengan Salat Isya dan Tarawih berjamaah dipimpin imam masjid yang menjadi lokasi tarling. Sementara ceramah disampaikan secara bergiliran oleh tim Pemkab.

Tarling diikuti forum komunikasi pimpinan kepala daerah (forkompinda), Kemenag, dan kepala OPD. “Dari penyelenggaraan tarling sebelumnya ada kegiatan penyerahan bantuan keagamaan serta bantuan lainnya,” jelas Wahyudi saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (8/5/2019).

Wahyudi menjelaskan saban tahun lokasi tarling berpindah-pindah di setiap eks kawedanan. Hal itu dimaksudkan agar kegiatan tersebut bisa menyebar ke seluruh wilayah. Pada Ramadan 1440 H, tarling digelar di masjid-masjid di Kecamatan Juwiring, Jatinom, Klaten Selatan, Cawas, serta Kemalang.

Selain di wilayah eks kawedanan, tarling digelar di rumah dinas bupati, Masjid Agung Al Aqsha Klaten bersamaan peringatan Nuzulul Quran, serta Pendapa Pemkab Klaten. Plt. Kabag Kesra Setda Klaten, Amin Mustofa, mengatakan total ada delapan putaran kegiatan tarling pada Ramadan kali.

Selain Salat Isya dan Tarawih berjamaah, kegiatan diisi dengan penyerahan bantuan serta serap aspirasi dari jamaah masjid. Soal penyelenggaraan kegiatan tersebut, Amin menjelaskan Pemkab mendanai melalui dana hibah ke masing-masing takmir masjid.

“Setiap lokasi itu mendapatkan hibah Rp35 juta. Itu untuk seluruh kegiatan termasuk bantuan sembako dan sebagainya,” katanya.

Sementara itu, pembukaan tarling digelar di rumah dinas Bupati Klaten, Selasa (7/5/2019) malam. Salat Isya dan Tawarih diimami Ketua Takmir Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Mustari, serta penceramah Subiyanto.

Mulyani mengajak para pejabat dan PNS yang beragama Islam untuk memakmurkan Ramadan tahun ini. Salah satunya dengan menggelar salat berjamaah di masjid masing-masing serta mengikuti kegiatan tarling yang digelar Pemkab.

“Momentum Ramadan ini saya harapkan bisa dimanfaatkan umat Islam termasuk PNS melakukan amal ibadah sebanyak-banyaknya,” kata Mulyani.

Berikut jadwal dan lokasi tarling Pemkab Klaten selama Ramadan 2019

Hari, Tanggal

Wilayah Eks Kawedanan

Lokasi Tarling

Selasa, 7 Mei

-

Pembukaan tarling di Rumah Dinas Bupati Klaten

Kamis, 9 Mei

Delanggu

Masjid Nasir Al Faroj Dukuh Sidorejo, Desa Bulurejo, Kecamatan Juwiring

Senin, 13 Mei

Jatinom

Masjid At Taqwa Dukuh Porodesan, Desa Randulanang, Kecamatan Jatinom

Jumat, 17 Mei

Kota

Masjid Mubarokah, Dukuh Becilen, Desa Kajoran, Kecamatan Klaten Selatan

Senin, 20 Mei

Pedan

Masjid Jami Nurul Ihsan Dukuh Gadingan, Desa Karangasem, Kecamatan Cawas

Kamis, 23 Mei

-

Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Al Aqsha Klaten

Senin, 27 Mei

Gondang Winangun

Masjid Pancasila, Dukuh Santan, Desa Keputran, Kecamatan Kemalang

Kamis, 30 Mei

-

Buka puasa bersama sekaligus penutupan tarling di Pendopo Pemkab Klaten


Sumber : Humas Setda Klaten

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten