SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.co, SOLO — Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menjadi syarat wajib siswa sebelum mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Dengan membayar Rp200.000, calon mahasiwa bisa ikut UTBK mulai Maret.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto, mengatakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan jadwal UTBK yakni pada Maret mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peserta UTBK diikuti siswa lulusan 2017. “UTBK diberlakukan mulai 2019 dan dapat diikuti siswa lulusan 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan SMA/MA/SMK,” ujar saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon, Kamis (31/1/2019).

UTBK memprediksi kemampuan calon mahasiswa. Akan ketahuan calon mahasiswa yang kemungkinan mampu menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu.

“UTBK menguji calon mahasiswa dengan beberapa tes, seperti kelompok ujian Sains dan Teknologi [Saintek] dengan materi ujian Tes Potensi Skolastik [TPS] dan Tes Potensi Akademik (TPA) Saintek. Ada juga kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum,” ujarnya.

LTMPT juga memberikan beberapa tahapan untuk mengikuti UTBK, seperti mendaftar, mengunggah foto, membayar UTBK, melakukan login, mencetak kartu UTBK, dan tes UTBK yang bisa di cek di laman https://ltmpt.ac.id.

Ketua LTMPT, Ravik Kasidi, mengatakan peserta UTBK nantinya dikenai biaya Rp200.000 yang dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Siswa bisa mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN 2019 setelah melakukan UTBK.

“Persyaratan mengikuti SBMPTN 2019 yaitu siswa SMA/SMK/MA/sederajat lulusan tahun 2017 dan 2018 telah memiliki ijazah dan juga memiliki nilai UTBK,” ujarnya.

Namun, ada syarat khusus yang ditetapkan kepada siswa yang memilih program studi bidang seni dan olahraga yakni mengunggah portofolio. “Jalur SBMPTN ini untuk siswa-siswi yang tidak lulus jalur SNMPTN 2019,” ujar dia.

Ravik menambahkan peserta yang diterima jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019. “Informasi mengenai UTBK 2019 dan SBMPTN 2019 dapat disimak di laman resmi LTMPT https://ltmpt.ac.id atau https://sbmptn.ltmpt.ac.id. Pertanyaan lebih lanjut bisa diajukan dengan menghubungi call center di nomor 08041450450,” ujarnya.

Jadwal UTBK

-Pendaftaran Gelombang I: 1-24 Maret.
-Pendaftaran Gelombang II: 25 Maret-1 April.
-Pelaksanaan Gelombang I: 13 April-4 Mei
-Pelaksanaan Gelombang II: 11 Mei-26 Mei
-Pengumuman: paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK.
Sumber: LTMPT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya