SOLOPOS.COM - Taman Sukowati Sragen. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Tak terasa sudah mendekati akhir pekan setelah belum lama menikmati libur 17 Agustus. Ada keinginan untuk healing alias liburan lagi namun kantong sedang tak bersahabat. Jangan khawatir, karena di Sragen ada sejumlah objek wisata yang ramah bagi kalian yang sedang tongpes alias kantong kempis karena gratis.

Sragen memiliki beragam objek wisata sebagai tempat hiburan dan pelepas penat baik di hari biasa maupun akhir pekan. Banyak di antaranya yang berbayar. Namun ada pula beberapa yang tak menerapkan tiket masuk alias gratis.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Solopos.com merangkum dari berbagai sumber sejumlah objek wisata gratisan di Sragen. Berikut daftarnya:

1. Gemolong Edupark

Tempat objek wisata gratis di sragen
Gemolong Edupark (Google Maps /Muhammad Rosyid)

Gemolong Edupark menjadi salah satu spot liburan keluarga di Sragen yang cukup ramai dikunjungi. Berupa sebuah taman dengan dihiasi bunga-bunga dan beberapa fasilitas bermain anak, menjadi salah satu destinasi keluarga di akhir pekan.

Ekspedisi Mudik 2024

Di tengah kolam terdapat sebuah patung gajah purba, sehingga Gemolong Edupark juga disebut dengan Taman Gajah. Tidak hanya sebagai tempat piknik maupun kumpul keluarga, Gemolong Edupark juga bisa menjadi tempat refreshing sambil berolahraga.

Baca Juga: Lahir 17 Agustus, Bocah asal Sragen ini Diberi Nama Putri Merah Putih

2. Kedung Grujug

Tempat objek wisata gratis di sragen
Kedung Grujug. (Instagram.com @jatengkitaid)

Bisa dibilang salah satu tempat wisata Sragen ini masih tersembunyi dan belum banyak dikunjungi. Kedung Grujug merupakan sebuah aliran air yang mengalir seperti sebuah curug dengan ketinggian sekitar 5 meter.

Di sekitar Kedung Grujug terdapat susunan tebing yang unik berwarna hitam pekat. Lokasi ini menjadi tempat favorit para pemancing.

Kedung Grujug berlokasi di Sendang Boto, Soko, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Tiket masuk gratis dan hanya membayar biaya parkir saja.

3. Waduk Blimbing

Tempat objek wisata gratis di sragen
Waduk Blimbing. (Google Maps/Anang Saputra)

Waduk Blimbing cocok sebagai tempat untuk menikmati semilir angin sembari santai sejenak. Waduk yang berfungsi sebagai pengairan irigasi bagi persawahan yang ada di sekitarnya ini juga memiliki pemandangan yang cukup memanjakan mata.

Berkunjung di sore hari menjadi waktu yang tepat karena tidak terik dan menyaksikan pemandangan langit yang berubah jingga.

Selain itu, kegiatan memancing juga dapat dilakukan di sekitar waduk dan tentunya dengan membawa peralatan sendiri.

Baca Juga: Botok Mercon Mbah Wiro, Kuliner Pedas Legendaris Sragen

4. Taman Kridoanggo Sragen

Taman Kridoanggo Sragen
Kondisi Taman Kridoanggo di Dusun Kebayanan Krajoyok, Sragen Wetan, Kecamatan Sragen sudah lama ditetapkan sebagai kawasan tanpa rokok di Kabupaten Sragen. Foto diambil Kamis (11/8/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Taman kota ini berlokasi di Jl. Sukowati No.488, Dusun Kebayanan Krajoyok, Sragen Wetan, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Taman Kridoanggo menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai karena sejuk berkat pepohonan yang rindang. Ada pula tempat bermain anak dan pedagang kaki lima di sekitar taman jadi tidak begitu bosan sembari menikmati jajanan.

Di sekitar Taman Kridoanggo juga terdapat tempat untuk pementasan teater.

5. Taman Sukowati

Tempat objek wisata gratis di sragen
Taman Sukowati. (sragenkab.go.id)

Taman Sukowati adalam kebun bunga dan hutan wisata di dalam kota Sragen. Lokasi tepatnya di sebelah Gedung Sasana Manggala Sukowati dan berada di jalan lingkar Sragen.

Terdapat banyak pepohonan rindang, sehingga menjadikan Taman Sukowati ini sejuk dan adem. Siapa pun bisa masuk secara gratis dan hanya membayar parkir jika membawa kendaraan. Di dalam taman terdapat waduk dan tempat duduk untuk menikmati pemandangan dan suasana sekitar waduk.

Terdapat fasilitas lainnya seperti toilet, tempat sampah, kursi taman, permainan anak-anak, spot foto, dan lahan parkir yang cukup luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya