Mau Ganti Oli Shock Motor? Ini Cara Cek dan Aturan Penggantiannya

Pengetesan paling mudah oli shock harus diganti adalah dengan memeriksa kemampuan tendangan balik shock motor.

 Penggantian oli shock motor. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Penggantian oli shock motor. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Mengendalikan motor terpusat dikemudi atau stang. Salah satu hal penting yang tidak luput jadi perhatian dari pengendalian motor adalah sistem suspensi, termasuk oli shock motor yang wajib diperhatikan.

“Pengendara menggunakan keterampilannya mengelola stang demi menjaga kestabilan dan mengarahkan motor sesuai kebutuhan, serta berbelok bahkan bermanuver cepat sekalipun,” ujar Oke Desiyanto Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah.

Di antara stang sebagai kendali dan roda sebagai perantara kendaraan dengan permukaan jalan terdapat sistem suspensi. Suspensi ini yang berfungsi untuk meredam yang gerakan naik turun yang dihasilkan roda depan melintas berbagai macam permukaan jalan.

Baca Juga: Riding Postur Berkendara Aman dan Nyaman dengan All New CB150R

Sistem suspensi terdiri atas shock yang harus memiliki kemampuan yaitu compression dan rebound. Compression adalah menyerap tekanan (gaya ke arah atas shock) yang diterima roda depan saat melintasi permukaan gundukan jalan. Rebound bertugas memperlambat tekanan balik (gaya ke arah ke bawah shock) yang dihasilkan pegas ulir setelah menerima tekanan (compression) tadi.

Compression menggunakan pegas ulir sebagai komponen utama yang bekerja menerima atau menyerap tekanan dan rebound menggunakan komponen utama berupa orifice (semacam lubang disuling) berfungsi mengatur kecepatan aliran oli yang menghasilkan perlambatan tekanan balik oleh pegas ulir untuk kembali ke ukuran semula. Karena yang melalui orifice adalah oli sehingga kerja rebound sangat ditentukan oleh kekentalan dan kuantitas oli di dalam shock motor.

Oli shock motor depan lebih cepat turun kualitasnya seiring frekuensi pekerjaannya. Semakin sering melewati jalan yang tidak rata/rusak maka oli akan bekerja keras. Fungsi oli shock motor mampu memberikan pelumasan antara poros shock dan tabung, memiliki sifat tahan panas karena bekerja diarea gesekan, mampu menerima tekanan sekaligus menghindari terjadi gelembung udara dalam oli serta mampu menghindarkan korosi.

Baca Juga: Suspensi Depan Tipe SFF Big Piston Bikin Pengereman Optimal

Kualitas oli shock yang menurun, membuat komponen lain akan lebih cepat aus, maka suku cadang yang harus diganti akan makin banyak. Pengetesan paling mudah oli shock harus diganti adalah dengan memeriksa kemampuan tendangan balik shock motor.

Saat motor berhenti ditopang kedua kaki kita, silahkan fokus berdiri dan kunci roda depan menggunakan rem depan kemudian gunakan stang untuk menekan shock depan berulang. Makin cepat tendangan baliknya maka oli shock segera diganti.

Penggantian oli shock motor. (Istimewa)
Penggantian oli shock motor. (Istimewa)

Tendangan balik yang cepat akan menyebabkan stang akan mudah mengayun atau mantul sehingga gelombang ayunan dan pantulan tidak diserap. Kondisi ini tidak aman dan mengurangi kenyamanan mengendarai motor. Perodik penggantian oli shock sesuai pabrikan adalah 20.000 km atau 2 tahun, kelipatan dan mana yang lebih dahulu tercapai. Angka tersebut adalah batas maksimum.

Baca Juga: Shock Tabung ADV 150 Bikin Aman Dan Nyaman Berkendara di Segala Medan

Pemakaian keseharian sangat berpengaruh terhadap oli shock, makin sering melewati jalan tidak rata, bergelombang, berlubang maka umur oli makin cepat turun.

“Stang sangat vital untuk pengendalian, selalu memperhatikan kondisi motor akan sangat membantu kita cari aman kemanapun kita pergi”, tutup Oke.

Berita Terkait

Espos Premium

Perjalanan Makin Longgar,  Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Berita Terkini

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Pengguna Motor dengan Sistem Rem ABS

Lima hal yang harus diperhatikan dalam merawat rem dengan sistem ABS.

Pikap Legendaris 2 Tak, Suzuki ST20 alias Trungtung Dibanderol Hingga Rp26 Juta

Pikap legendaris keluaran Suzuki jenis ST20 berjuluk Trungtung masih ramai mewarnai pasar mobil bekas online dan ditawarkan hingga harga Rp26 juta.

Bersihkan Jamur Kaca Mobil, Cara Ini Bisa Anda Lakukan di Rumah

Pilihan cara membersihkan jamur kaca mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Waduh! Jasa Pembuatan SIM Mejeng di Beberapa Marketplace

Penawaran jasa pembuatan SIM nongol di beberapa marketplace, hal ini menuai kritik dari warganet.

Soal Vlog Bikin SIM di Polsek, Mantan Menteri KKP Susi Unggah Klarifikasi

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, mengunggah video klarifikasi atas video sebelumnya yang viral karena mengurus SIM mati 20 tahun di Polsek Pangandaran.

Kode Keras Layanan Samsat dan SIM Berbau Pungli, Warga Surat Presiden Jokowi

Dengan kalimat sindiran pembalap kelas dunia sulit dapat SIM A dan C di Indonesia, warganet bikin surat terbuka untuk Presiden Jokowi.

Pengumuman! Mobil LCGC akan Kena PPnBM Mulai Bulan Depan

Pemerintah akan mulai mengenakan PPnBM pada mobil mura atau LCGC mulai 16 Oktober 2021.

Belajar dari Kasus Avanza Berpelat Putih Viral, Tidak Semua Lebih Cepat Lebih Baik

Tak semuanya bisa lebih cepat lebih baik, terbukti aksi pengemudi Toyota Avanza di Jakarta mendahului berlakunya aturan pelat nomor justru kena teguran polisi.

Presiden Jokowi: Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang Satu-satunya di Asia Tenggara

Bermodal memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, mimpi menjadi produsen baterai listrik terbesar diyakini Presiden Jokowi bakal terwujud tiga hingga lima tahun ke depan

Pabrik Mobil Listrik Indonesia Segera Beroperasi, Paling Lambat Mei 2022

Produksi mobil listrik bakal dimulai di Indonesia maksimal Mei tahun depan.

Daftar Harga Yamaha Vega Seperti Koleksi Presiden Jokowi di Kota Solo

Daftar harga lengkap Yamaha Vega 2001 seperti koleksi Presiden Joko Widodo, di Kota Solo.

Skema Hitung PPnBM Berubah, Update Harga Mobil Tunggu Kalkulasi

Ketentuan perhitungan PPnBM berdasarkan emisi dan kebutuhan BBM pada mobil mendorong para pelaku pemasaran mengkalkulasi lagi untuk menyusun harga baru.

Bahaya Tabrakan di Udara? Inilah Sistem Operasi Taksi Terbang yang Diperkenalkan EHang

Konsep pada sistem operasi taksi terbang yang diperkenalkan EHang tetap membutuhkan rute, lokasi lepas landas, pendaratan dan lokasi operator.

Ternyata Presiden Jokowi Masih Koleksi Yamaha Vega

Presiden Jokowi ternyata masih mengoleksi satu motor jenis Yamaha Vega tahun 2001.

Heboh Taksi Terbang, Ini Rekam Jejak EHang dari China

Heboh taksi terbang dari perusahaan teknologi China yang bakal menjalani uji coba terbang di Bali, Oktober mendatang.