Ilustrasi Tunjangan Hari Raya (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO – Hai para pekerja, sudah menerima gaji dan tunjangan hari raya (THR) kan? Gaji dan THR biasa dibayarkan lebih awal menjelang Hari Raya Idulfitri. Menerima gaji dan THR adalah waktu yang paling membahagiakan. Saking senangnya, kebanyakan orang tidak sadar uang tersebut habis dalam waktu sekejap.

THR biasanya cepat habis untuk membiayai berbagai keperluan yang sebenarnya sama sekali tidak penting. Sebab, masih banyak orang yang gemar berfoya-foya dan kurang bijaksana dalam mengatur keuangan. Betul tidak?

Salah satu kebiasaan buruk yang sebaiknya ditinggalkan adalah menghamburkan dana THR untuk menyambut hari raya Idulfitri. Padahal, dana THR semestinya bisa dikelola dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Sayangnya, masih banyak orang yang gemar berfoya-foya menghabiskan uang THR untuk membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Padahal, berfoya-foya merupakan hal yang tidak disukai Allah. Dalam Alquran, surat Al Mu'minun ayat 115, Allah berfirman yang artinya, "apakah kalian berpikir bahwa kalian kami ciptakan untuk berfoya-foya begitu saja? Lalu kalian tidak kembali kepada kami. Kalian tidak ditanya apa yang dilakukan di dunia?"

Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri dalam video ceramahnya di Youtube yang dinukil Solopos.com, Jumat (24/5/2018), mengatakan, ayat di atas semestinya direnungkan sebelum berfoya-foya.

"Ayat di atas semestinya menjadi renungan. Dalam hadis Nabi Muhammad bersabda, setiap manusia akan ditanyai tentang lima hal saat hari kiamat datang. Yakni umur, khususnya tentang masa muda. Bagaimana dia habiskan masa mudanya. Apakah rajin mengaji atau berfoya-foya? Selanjutnya ditanya tentang hartanya, dari mana didapat dan ke mana dihabiskan," terang Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri.

Berfoya-foya artinya menghabiskan uang untuk tujuan bersenang-senang belaka. Hal ini sama sekali tidak disukai oleh Allah, sesuai dengan firman-Nya  dalam surat At Takatsur ayat 1-2 yang artinya, "bermegah-megahan telah melalaikan kamu. Sampai kamu masuk dalam kubur."

Peringatan tentang perilaku boros dan berfoya-foya juga dijelaskan dalam surat Al Isra ayat 26-27. Dalam ayat tersebut Allah menyebut orang yang menghamburkan harta merupakan saudara setan yang ingkar kepada-Nya.

“Janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya para pemboros itu adalah saudara setan. Dan setan sangat ingkar kepada Tuhan-Nya.”

Sebesar apapun penghasilan, gaya hidup yang berlebihan bakal menjerumuskan seseorang dalam kemiskinan. Jadi, mulai sekarang aturlah keuangan dengan baik dan hindari gaya hidup berlebihan. Lalu, bagaimana cara mengelola dana THR yang baik?

Susun daftar keperluan sesuai dengan skala prioritas. Pakai uang THR untuk membeli barang yang penting dan simpanlah sisanya. Dana THR itu bisa dimanfaatkan untuk membayar utang atau memenuhi kebutuhan lain di masa depan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten