Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!
user
Senin, 20 September 2021 - 15:04 WIB
share
SOLOPOS.COM - Petugas membantu pengambilan plasma dari penyintas Covid-19 di PMI Kota Solo, Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo. Foto diambil baru-baru ini. (Istimewa/Humas PMI Solo)

Stok darah yang dimiliki Palang Merah Indonesia (PMI) selama pandemi menurun lantaran minimnya animo masyarakat menjadi pendonor darah. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Kepala Bidang Unit Donor Darah PMI, Linda Lukitari, menggambarkan apabila pada sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. “Tahun 2021 hingga September ini stok darah memang belum mencukupi tapi kekurangan tidak seperti saat 2020. Maret 2020, sejak pandmei itu turun drastis hampir 60 persen kekurangan darah. Tahun ini ada penurunan 20-30 persen,” kata Linda, dalam bincang virtual yang digelar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Kamis (16/9/2021).

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya
Ekspedisi Mudik 2024

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN