SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengolah foto. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi kamu yang ingin mendaftar CPNS 2023 ini sebaiknya ketahui cara mengompres foto agar file bisa dikirim melalui email atau diunggah ke situs web SSCASNN. Simak ulasannya di tips teknologi kali ini.

Metode ini bisa memungkinkan kamu menghemat ruang tanpa mengorbankan kualitas gambar kamu. Dengan mengompres foto, kamu dapat dengan mudah berbagi foto berkualitas tinggi di internet yang dimuat dengan cepat dan memenuhi kriteria dari ukuran, termasuk untuk mendaftar lowongan CPNS 2023.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dilansir dari Bisnis.com pada Jumat (22/9/2023), berikut beberapa cara mengompres foto yang mudah dan bisa kamu coba.

1. Menggunakan Metode Online Image Compressor

Buka situs web kompresor gambar dan kunjungi https://imagecompressor.com/ di browser web komputer kamu.   Website ini memungkinkan Anda mengompres hingga 20 gambar dalam format JPEG, PNG dan GIF sekaligus. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

– Klik (UNGGAH FILE)

Tombol berwarna biru kehijauan ini berada di dekat bagian atas halaman. Mengkliknya akan membuka jendela File Explorer (Windows) atau Finder (Mac)

– Pilih foto untuk diunggah.

Arahkan ke lokasi foto yang ingin dikompres, lalu tahan Ctrl(Windows) atau  Command(Mac) sambil mengklik setiap foto yang ingin diunggah. Kamu  dapat mengunggah hingga 20 foto sekaligus.

– Klik (Buka)

Letaknya di pojok kanan bawah jendela. Melakukannya akan mengunggah foto ke situs web Image Compressor.

– Pilih foto. Klik salah satu foto dalam daftar thumbnail situs web untuk memilihnya.

– Sesuaikan kompresi foto. Gulir ke bawah untuk melihat versi foto yang tidak dikompresi di sebelah kiri dibandingkan dengan versi foto yang dikompresi di sebelah kanan, lalu seret penggeser “Kualitas” ke atas atau ke bawah di sisi kanan halaman untuk mengurangi atau menambah kompresi foto.

Kamu akan melihat kualitas foto di sisi kanan berubah untuk mencerminkan kompresi kamu beberapa detik setelah Anda menyesuaikan kualitasnya.

Jika Anda berencana mengunggah gambar, pastikan untuk memeriksa ukuran file yang digunakan situs web. File yang terlalu kecil sering kali terlihat berpiksel dan file yang terlalu besar dapat memperlambat situs web

– Klik BERLAKU

Letaknya di bawah penggeser “Kualitas”. Melakukannya akan menerapkan kompresi pada foto.

– Sesuaikan kompresi foto lain jika perlu.

Meskipun Kompresor Gambar akan menerapkan tingkat kompresi tertentu ke setiap foto tergantung pada ukuran masing-masing foto, kamu dapat menerapkan kompresi Anda sendiri ke setiap foto dengan memilihnya, menyeret penggeser “Kualitas” ke atas atau ke bawah, dan mengklik TERAPKAN .

– Klik UNDUH SEMUA

Tombol ini berada di bawah daftar foto, di dekat bagian atas halaman. Melakukannya akan mengemas semua foto yang dikompresi ke dalam folder ZIP dan kemudian mengunduh folder ZIP ke komputer Anda.

– Ekstrak folder ZIP yang diunduh

Untuk melihat ukuran sebenarnya foto yang diekstraksi, kamu perlu mengekstraknya dari folder ZIP. Buka lokasi pengunduhan folder ZIP, lalu lakukan hal berikut:

Windows—Klik dua kali folder ZIP, klik Extract di bagian atas folder, klik Extract all dan klik Extract ketika diminta.

Mac—Klik dua kali folder ZIP, lalu tunggu hingga folder tersebut selesai diekstraksi.

2. Cara Kompres JPG Online Menggunakan Resizer.app

Cara berikutnya mengompres foto adalah pakai Resizer.app. Ini adalah alat kompresor JPG gratis. Tidak perlu mengunduh, menginstal atau mendaftar untuk layanan apa pun. Berikut cara penggunaannya :

– Unggah foto kamu.

– Pilih gambar JPEG apa pun yang kamu inginkan dan unggah ke platform online Resizer.app.

– Sesuaikan pengaturan.

– Konfigurasikan pengaturan foto yang ingin kamu kompres.

– Simpan foto kamu.

Setelah selesai, tekan Simpan. Ini akan memampatkan dan mengoptimalkan gambar kamu tanpa mengorbankan kualitasnya. Foto akan otomatis diunduh ke perangkat kamu.

3. Menggunakan Microsoft Paint

– Buka Microsoft Paint.



– Pilih gambar, lalu gunakan tombol ubah ukuran.

– Pilih dimensi gambar pilihan kamu.

– Centang kotak pertahankan rasio aspek.

– Klik oke.

– Simpan fotonya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Cara Mengompres Foto Tanpa Aplikasi, Untuk Daftar CPNS







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya