Mau Coba Kebab Buatan Napi Gembong Narkoba Asal India? Silakan ke Sini

Seorang napi narkoba asal India yang ditahan di LP Kelas IIA Ssragen menjual kebab. Awalnya hanya untuk kalangan internal LP, kini kebab itu dijual juga di luar LP.

 Seorang warga membeli produk olahan makanan hasil karya para napi, salah satunya kebab, di stand para taruna di depan LP Kelas IIA Sragen, Rabu (29/6/2022). (Istimewa/LP Sragen)

SOLOPOS.COM - Seorang warga membeli produk olahan makanan hasil karya para napi, salah satunya kebab, di stand para taruna di depan LP Kelas IIA Sragen, Rabu (29/6/2022). (Istimewa/LP Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Narapidana (napi) asal India yang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Sragen asal India, Narendar Gangaram, 63, membuka usaha kebab. Awalnya kebab buatan gembong narkoba itu dijual di internal LP, kini masyarakat umum pun bisa menikmatinya.

Kebab buatan Narendar berbeda dengan kebab pada umumnya. Narendah membalut kebabnya dengan roti panggang khas Indina, chapati. Meski demikian, kebab buatan Narendar di-branding kebab Turki. Harganya standar seperti kebab pada umumnya, yakni Rp10.000. Selain kebab, Narendar juga membikin donat dan kue panggang yang digandrungi para warga binaan LP Sragen lainnya.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Kasi Pembinaan Napi dan Anak Didik LP Kelas IIA Sragen, Agus Hascahyo, pada Kamis (30/6/2022) mengatakan umumnya kebab menggunakan kulit instan yang sudah jadi lalu dipanasi saat akan disantap. Sementara kebab bikinan Narendar, menggunakan kulit kebab yang dibuat baru sehingga terasa lebih fresh. Selain rasa gurihnya berbeda, porsinya jumbo.

Narendar menghuni LP Sragen sejak 2011 setelah divonis 20 tahun penjara. Ia terjerat kasus narkoba. Cerita awal bagaimana Narendar membuat kebab adalah karena ia tak doyan nasi. Ia kemudian memasak kebab untuk di makan sendiri. Namun tak disanga napi lainnya juga suka.

Baca Juga: Pengiriman Narkoba Rp1 Miliar Pesanan 8 Napi di Lapas Madiun Digagalkan

Dari situ Narendar kemudian membuat kebab untuk dijual di internal LP. Kebab Narendar kini dijual juga untuk umum setelah ada empat taruna tingkat III Politeknik Ilmu Pemasyarakatan melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di LP Sragen.

Empat taruna ini yang menginisiasi memasarkan kebab Narendar di luar LP dengan menyediakan stan atau booth. Mereka juga mempromosikan kebab Turki rasa India itu di media sosial.

“Stand yang mereka buat itu diberi nama Larrie Bakery,” ujar Agung.

Selain kebab, olahan makanan yang dijual di Larrie Bakery ada juga roti, burger, dan donat. Harganya hanya Rp10.000/buah. Sasarannya masyarakat umum di luar LP.

Baca Juga: Berstatus Napi, Eks Bupati Banjarnegara Kembali Jadi Tersangka Korupsi

“Larrie Bakery ini dalam sehari bisa menjual 20 buah makanan sehingga lakunya Rp200.000 per hari,” jelas Agung.

Salah satu taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Ulwan, menerangan pembukaan stand di LP ini sebagai salah satu bahan KKN yang fokus pada bidang pembinaan kemandirian tata boga. “Kami menjembatani pemasaran produk warga binaan agar dapat kepada masyarakat luar sehingga masyarakat dapat menikmati hasil dari karya para warga binaan,” kata Ulwan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).