Mau Bikin Tangga di Rumah, Ini 7 Bentuk Paling Populer

Setiap model tangga memiliki ciri khas tersendiri, itu semua disesuaikan dengan desain bangunan rumahmu. Kamu tidak bisa sembarangan dalam menentukan model tangga rumah.

 Ilustrasi tangga rumah (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tangga rumah (freepik)

Solopos.com, SOLO – Untuk kamu yang memiliki rumah berlantai lebih dari satu, wajib adanya tangga untuk menghubungkan setiap lantai. Tangga rumah berfungsi sebagai alat bantu yang memudahkan kamu untuk berpindah dari lantai bawah ke lanntai atas atau sebaliknya.

Ada berbagai model atau bentuk tangga rumah yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Setiap model tangga memiliki ciri khas tersendiri, itu semua disesuaikan dengan desain bangunan rumahmu. Dan kamu tidak bisa sembarangan dalam menentukan model tangga rumah.

Baca Juga: Menata Interior Properti untuk Bangkitkan Semangat Baru

Di bawah ini akan dijelaskan tujuh bentuk tangga rumah paling populer dilansir dari 99.co pada Kamis (08/07/2021) yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk menentukan bentuk tangga mana yang cocok di rumahmu:

1. Bentuk tangga lurus
Sesuai namanya, ciri tangga ini dapat mudah dikenali dari bentuknya yang lurus memanjang dari bawah ke atas tanpa ada kelokan. Selain dikenal sebagai tangga lurus, ternyata jenis tangga ini juga dikenal dengan nama One Wall Stair. Kamu pasti sering melihat model tangga yang satu ini. Biasanya model ini dipakai di rumah-rumah minimalis.

2. Tangga berbelok bentuk L
Alasan penamaan demikian karena bentuknya yang berbelok sekitar 90 derajat pada salah satu sudut, persis seperti huruf L. Kelebihan utama dari tangga berbentuk huruf L ini yakni tak memakan terlalu banyak lahan sehingga cocok digunakan pada hunian yang tak terlalu luas. Selain itu, bagian bawah tangga ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang lo.

Punya Nilai Estetika

3. Tangga berbalik arah bentuk U
Model tangga ini memiliki perbedaan dengan tangga L dari segi kelokannya yang mencapai 180 derajat. Tapi, ruang bawah tangga jenis ini jauh lebih luas dibandingkan tangga jenis L. Biasanya jenis tangga ini juga digunakan pada hunian-hunian bertingkat yang ukurannya tak terlalu luas.

4. Model tangga bercabang bentuk Y
Kalau kamu bingung seperti apa bentuknya, cobalah perhatikan bentuk huruf Y. Begitu juga bentuk tangga ini aslinya. Jenis tangga ini memakan lahan yang cukup luas, sehingga tak heran hanya dapat dijumpai di rumah-rumah modern berukuran besar. Ciri utamanya yaitu adanya area peralihan tepat di tengah percabangan dari arah lantai satu menuju lantai dua. Jenis tangga bercabang ini juga punya nilai estetika yang tinggi untuk rumah.

Baca Juga: Begini, Inspirasi Desain Interior dari Warna Hitam Putih

5. Tangga putar bentuk spiral
Tangga putar dapat kamu ketahui dengan mudah lewat bentuknya yang khas. Umumnya, jenis tangga ini ditempatkan di luar rumah atau digunakan untuk menjangkau area loteng. Dari semua jenis tangga yang ada, tangga putar atau tangga spiral ini yang paling hemat tempat. Dan hanya perlu lahan seluas 1,5 meter persegi.

6. Model tangga melingkar
Meskipun bentuknya mirip dengan tangga spiral, namun tentu saja jenis tangga melingkar memiliki perbedaan. Satu perbedaan yang paling jelas yaitu dari segi ukuran dan desain tangga yang digunakan. Biasanya, tangga melingkar berukuran lebih luas dan lebih besar dengan detail desain hingga ornamen yang juga menarik. Jenis tangga ini sangat cocok digunakan pada model rumah klasik.

7. Model tangga tris
Model tangga tris yang juga mudah diketahui perbedaannya, baik dari bentuk ataupun fungsinya. Jenis tangga ini biasanya hanya memiliki dua hingga sepuluh anak tangga. Penggunaannya pun umumnya ditempatkan di area luar rumah antara permukaan tanah dengan teras utama rumah. Itulah kenapa desain tangga ini dibuat dengan anak tangga yang terbatas.

Berita Terkait

Berita Terkini

Maia Estianty Punya Penyakit Rosacea, Apakah Itu?

Maia Estianty mengatakan karena punya penyakit Rosacea kulit wajahnya menjadi sangat sensitif terhadap perubahan cuaca.

Indonesia Capai Herd Immunity? Ini Penjelasannya

Herd immunity telah terbentuk karena program vaksinasi atau alami?

Seru! Ada Hujan Uang Saat Sedekah Bumi di Lamongan

Acara sebar uang saat perayaan sedekah bumi di Lamongan, Jawa Timur, menjadi viral di Instagram lantaran digelar saat pandemi.

Viral Santri Tutup Telinga Saat Ada Musik, Begini Tanggapan MUI

Sebuah video memperlihatkan para santri yang sedang mengikuti vaksinasi menutup telinga saat mendengarkan musik.

Viral Para Santri Tutup Telinga Enggan Dengar Musik, Kenapa?

Aksi para santri yang menutup telinga saat terdengar suara musik di ruang antrean vaksin Covid-19 menjadi perbincangan netizen di dunia maya.

Viral Ibu Bagikan Tutorial Baju Rapi Tanpa Setrika, Hasilnya?

Belum lama ini, seorang ibu rumah tangga membagikan tips agar baju tetap rapi meski tanpa harus setrika.

Selain Monstera, Ini Deretan Tanaman Hias dengan Harga Mahal Setara Mobil

Tak hanya Monstera King Variegata, masih ada jenis tanaman hias lainnya yang memiliki harga mahal setara mobil. Apa saja?

Bunda, Begini Cara Menghadirkan Tayangan Televisi Ramah Anak di Rumah

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga juga menilai tayangan stasiun televisi di Indonesia belum ramah anak.

Sebelum Memberikan Pupuk ke Monstera, Perhatikan Ini

Namun sama seperti tanaman lain, memberi pupuk kepada Monstera juga sebaiknya tidak asal-asalan.

Wow! Rutin Makan Sayuran Hijau, Fungsi Otak Meningkat

Studi yang dipublikasikan di Neurology ini menemukan bahwa makan satu porsi sayuran berdaun hijau sehari membantu menjaga daya ingat.

7 Jenis Minuman Ini Bisa Kontrol Kadar Kolesterol, Mau Coba?

Ada sejumlah cara untuk kontrol kadar kolesterol di dalam tubuh, salah satunya lewat makanan atau minuman.

Daun Monstera Menguning? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Daun Monstera menguning tentu bagai mimpi buruk, terutama bagi Anda yang berniat menjadikannya sebagai koleksi.

Segera Lakukan Ini Jika Tak Ingin Perut Makin Buncit

PPKM jangan menjadi alasan untuk mager yang membuat perut semakin buncit.

Trik Hindari Sedentary Lifestyle Selama Pandemi

Jadi sebaiknya hindari sedentary lifestyle agar tubuh tetap sehat dan bugar meski hanya di rumah saja. 

Kebiasaan Makan Ini Berdampak Buruk terhadap Otak

Perhatikan kebiasaan makan Anda karena hal ini bisa berdampak terhadap otak.

Yuk, Rayakan Bulan Gemar Membaca dengan 5 Cara Seru Ini

Berdasarkan survei indeks kajian membaca tahun 2020 dari Perpusnas, indeks kegemaran membaca Indonesia terus meningkat.