Mau Beli Rumah, Ini Tips Pilih Lokasi Perumahan yang Ideal

Ada kriteria akses yang baik sekaligus menguntungkan untuk jangka panjang, yakni akses perumahan dekat pintu tol yang bisa memudahkan mobilitas penghuninya.

 Ilustrasi perumahan ideal (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perumahan ideal (freepik)

Solopos.com, SOLO – Bagi kamu yang hendak meminang sebuah hunian, banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Supaya tidak menyesal di kemudian hari, sebaiknya kamu melihat dengan jeli lingkungan sekitar perumahan tersebut.

Tidak semua lokasi bisa cocok dengan kehidupan kamu sehari-hari. Begitu pula anggota keluargamu, mereka juga harus ikut andil dalam penentuan lokasi rumah yang akan dipinang. Ini bertujuan agar antar anggota keluarga terjadi harmonisasi pada aktivitas sehari-harinya nanti. Berikut beberapa faktor saat memilih lokasi rumah yang ideal, seperti dikutip dari rumah123.com:

Baca Juga: Plafon Rumah Bermasalah? Ini Tips Mengatasinya

1. Akses ke lokasi mudah
Akses menjadi salah satu poin penting ketika ingin membeli rumah di kawasan perumahan. Meskipun banyak perumahan yang menawarkan fasilitas internal hingga desain hunian modern, tapi akses ke luar dan ke dalam area perumahan sangat sulit dijangkau, seperti jalan rusak dan berlumpur. Lokasi perumahan yang baik haruslah memiliki akses kendaraan yang mudah baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Ada kriteria akses yang baik sekaligus menguntungkan untuk jangka panjang, yakni akses perumahan dekat pintu tol yang bisa memudahkan mobilitas penghuninya. Hal ini jelas berbeda, jika kamu memilih tinggal di perumahan yang jauh dari pusat transportasi ataupun jalan tol karena harganya murah.

Dekat Fasilitas Umum

2. Kawasan TOD
Kawasan Transit Oriented Development (TOD) menggabungkan guna lahan residensial, perdagangan, jasa, perkantoran, ruang terbuka, dan ruang publik sehingga memudahkan masyarakat dan pengguna untuk melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, sepeda, maupun moda transportasi umum. Rata-rata perumahan yang mengusung konsep TOD biasanya terletak di tengah kota ataupun di pinggiran kota, namun tetap terintegrasi dengan transportasi publik seperti LRT.

3. Fasilitas publik lengkap
Cara memilih lokasi perumahan yang baik selanjutnya adalah dekat dengan fasilitas umum. Fasilitas umum menjadi poin penting yang wajib kamu perhatikan apalagi kalau tujuan kamu membeli rumah adalah untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan. Mendapatkan perumahan dengan fasilitas publik yang mudah dijangkau memang jadi impian banyak orang. Beberapa fasilitas umum yang harus ada di dalam maupun di luar kawasan perumahan yakni rumah sakit, fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan dan area rekreasi.

4. Hindari kawasan bencana alam
Mungkin kamu iri dengan orang-orang yang tinggal dekat dengan pantai atau pegunungan karena bisa setiap hari menikmati panorama yang menakjubkan. Tapi, perlu kamu ketahui kawasan tersebut bisa membahayakan kamu dan keluarga. Area tersebut bisa menjadi langganan bencana alam seperti gempa, erupsi, badai, hingga banjir rob.

Konsep Ramah Lingkungan

Pilihlah lokasi perumahan bebas bencana alam termasuk banjir yang sering terjadi di kawasan perkotaan saat musim hujan tiba. Cara mudah untuk mengetahui perumahan bebas banjir adalah dengan mengecek sistem drainase, pengelolaan sampah, kondisi tanah, hingga jarak antar rumah. Jika kamu enggan melakukan itu semua, kamu bisa pilih perumahan yang mengusung konsep ramah lingkungan yang pastinya aman, bebas banjir dan memiliki sistem resapan air yang baik.

Baca Juga: Teras Rumahmu Sempit? Ini 6 Tips Menata Teras Supaya Rapi

5. Dekat pusat bisnis terpadu
Dikenal dengan wilayah yang ramai dan sibuk, kawasan pusat bisnis bisa kamu pertimbangkan dalam memilih lokasi perumahan yang baik. Selain lokasi strategis, rata-rata pusat bisnis telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik yang prima serta akses yang mudah.

Kondisi itu membuat banyak orang mencari perumahan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Apalagi jika kamu seorang pekerja yang dituntut serba cepat dan fleksibel. Lokasi hunian yang dekat dengan pusat bisnis bisa dibilang cukup mahal, namun sebanding dengan nilai investasi yang menjanjikan pasa masa mendatang.

6. Lokasi dengan keamanan terjamin
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu memilih rumah yang sudah dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi seperti one gate system atau double gate system. Lalu, ada juga kamera CCTV yang mengawasi area perumahan 24 jam di setiap sudut serta penjaga keamanan profesional yang siap siaga.

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Coldplay Tiba-Tiba Colek Presiden Jokowi di Twitter, Ada Apa?

Band asal Inggirs, Coldplay lewat cuitan Twitter mengajak Presiden Jokowi untuk mengikuti Acara Global Citizen Live.

Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Seperti Diidap Legenda Bulutangkis Verawaty Fajrin

Mantan atlet bulutangkis Verawaty Fajrin didiagnosis menderita kanker paru-paru sejak Maret 2020 lalu.

Parasnya Bikin Segar, Deretan Penjual Es Cendol Ini Viral

Penjual cendol cantik bukan hanya ada di Indonesia saja, melainkan juga di Vietnam.

Berolahraga saat Terkena Covid-19 Disebut Berbahaya, Kenapa?

Peneliti Jerman menemukan bahwa melakukan olahraga ringan sekalipun saat mengidap Covid-19 ringan bisa berbahaya.

Kafe di Solo Ini Tawarkan Serunya Makan Ditemani Kucing Cantik

Kafe kucing pertama di Solo menerapkan sejumlah peraturan yang harus dipatuhi pengunjung.

Tenang, Ini Kunci Hidup Damai Bersama Covid-19

Tips kesehatan kali ini tentang dua kunci utama hidup damai dengan Covid-19 agar tetap produktif.

Investasi Bodong Masih Marak, Begini Cara Menghindarinya

Sejatinya melakukan investasi adalah pilihan tepat untuk mendapatkan keuntungan asalkan tidak tergiur yang bodong atau ilegal.

Kebiasaan Ini Bisa Cegah Kematian Dini Hingga 70 Persen

Para ahli telah lama menemukan salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk cegah kematian dini adalah dengan meningkatkan kesehatan.

Ladies, Begini Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencang dan Sehat

Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda coba supaya payudara tetap kencang dan sehat.

Jangan Abaikan Gizi Anak Demi Generasi Emas Indonesia 2045

Kemiskinan menyebabkan orang tua tidak bisa membeli makanan yang memenuhi gizi anak.

Salah Memilih MUA di Hari Pernikahan, Kisah Wanita Ini Viral

Di awal videonya, wanita itu menuliskan keterangan singkat tentang keputusannya memilih sendiri MUA untuk acara pernikahan.

Wajib Tahu! Ini Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

Tahukah Anda kali ini membahas tentang sederet manfaat aplikasi PeduliLindungi.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Tahukah Kamu Harga Kucing Termahal di Dunia Bisa Capai Rp1,5 Miliar Loh

Ada sejumlah faktor penyebab mengapa satwa-satwa cantik ini menjadi kucing termahal di dunia.

Mau Nyoba Dog Cafe Pertama di Solo? Di Sini Tempatnya

Konsep yang ditawarkan tempat bersantap di Solo Baru, Sukoharjo, ini mirip-mirip dengan dog cafe di sejumlah kota besar.

Monstera Mengalami Pembusukan? Tenang, Begini Cara Mengatasinya

Salah satu ciri Monstera yang mengalami pembusukan adalah tidak adanya daun baru yang tumbuh.