Mau Beli Rumah, Ini Tips Pilih Lokasi Perumahan yang Ideal

Ada kriteria akses yang baik sekaligus menguntungkan untuk jangka panjang, yakni akses perumahan dekat pintu tol yang bisa memudahkan mobilitas penghuninya.

 Ilustrasi perumahan ideal (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perumahan ideal (freepik)

Solopos.com, SOLO – Bagi kamu yang hendak meminang sebuah hunian, banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Supaya tidak menyesal di kemudian hari, sebaiknya kamu melihat dengan jeli lingkungan sekitar perumahan tersebut.

Tidak semua lokasi bisa cocok dengan kehidupan kamu sehari-hari. Begitu pula anggota keluargamu, mereka juga harus ikut andil dalam penentuan lokasi rumah yang akan dipinang. Ini bertujuan agar antar anggota keluarga terjadi harmonisasi pada aktivitas sehari-harinya nanti. Berikut beberapa faktor saat memilih lokasi rumah yang ideal, seperti dikutip dari rumah123.com:

Baca Juga: Plafon Rumah Bermasalah? Ini Tips Mengatasinya

1. Akses ke lokasi mudah
Akses menjadi salah satu poin penting ketika ingin membeli rumah di kawasan perumahan. Meskipun banyak perumahan yang menawarkan fasilitas internal hingga desain hunian modern, tapi akses ke luar dan ke dalam area perumahan sangat sulit dijangkau, seperti jalan rusak dan berlumpur. Lokasi perumahan yang baik haruslah memiliki akses kendaraan yang mudah baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Ada kriteria akses yang baik sekaligus menguntungkan untuk jangka panjang, yakni akses perumahan dekat pintu tol yang bisa memudahkan mobilitas penghuninya. Hal ini jelas berbeda, jika kamu memilih tinggal di perumahan yang jauh dari pusat transportasi ataupun jalan tol karena harganya murah.

Dekat Fasilitas Umum

2. Kawasan TOD
Kawasan Transit Oriented Development (TOD) menggabungkan guna lahan residensial, perdagangan, jasa, perkantoran, ruang terbuka, dan ruang publik sehingga memudahkan masyarakat dan pengguna untuk melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, sepeda, maupun moda transportasi umum. Rata-rata perumahan yang mengusung konsep TOD biasanya terletak di tengah kota ataupun di pinggiran kota, namun tetap terintegrasi dengan transportasi publik seperti LRT.

3. Fasilitas publik lengkap
Cara memilih lokasi perumahan yang baik selanjutnya adalah dekat dengan fasilitas umum. Fasilitas umum menjadi poin penting yang wajib kamu perhatikan apalagi kalau tujuan kamu membeli rumah adalah untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan. Mendapatkan perumahan dengan fasilitas publik yang mudah dijangkau memang jadi impian banyak orang. Beberapa fasilitas umum yang harus ada di dalam maupun di luar kawasan perumahan yakni rumah sakit, fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan dan area rekreasi.

4. Hindari kawasan bencana alam
Mungkin kamu iri dengan orang-orang yang tinggal dekat dengan pantai atau pegunungan karena bisa setiap hari menikmati panorama yang menakjubkan. Tapi, perlu kamu ketahui kawasan tersebut bisa membahayakan kamu dan keluarga. Area tersebut bisa menjadi langganan bencana alam seperti gempa, erupsi, badai, hingga banjir rob.

Konsep Ramah Lingkungan

Pilihlah lokasi perumahan bebas bencana alam termasuk banjir yang sering terjadi di kawasan perkotaan saat musim hujan tiba. Cara mudah untuk mengetahui perumahan bebas banjir adalah dengan mengecek sistem drainase, pengelolaan sampah, kondisi tanah, hingga jarak antar rumah. Jika kamu enggan melakukan itu semua, kamu bisa pilih perumahan yang mengusung konsep ramah lingkungan yang pastinya aman, bebas banjir dan memiliki sistem resapan air yang baik.

Baca Juga: Teras Rumahmu Sempit? Ini 6 Tips Menata Teras Supaya Rapi

5. Dekat pusat bisnis terpadu
Dikenal dengan wilayah yang ramai dan sibuk, kawasan pusat bisnis bisa kamu pertimbangkan dalam memilih lokasi perumahan yang baik. Selain lokasi strategis, rata-rata pusat bisnis telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik yang prima serta akses yang mudah.

Kondisi itu membuat banyak orang mencari perumahan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Apalagi jika kamu seorang pekerja yang dituntut serba cepat dan fleksibel. Lokasi hunian yang dekat dengan pusat bisnis bisa dibilang cukup mahal, namun sebanding dengan nilai investasi yang menjanjikan pasa masa mendatang.

6. Lokasi dengan keamanan terjamin
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu memilih rumah yang sudah dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi seperti one gate system atau double gate system. Lalu, ada juga kamera CCTV yang mengawasi area perumahan 24 jam di setiap sudut serta penjaga keamanan profesional yang siap siaga.

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

Viral! Formulir Pekerjaan Berisi Syarat Mesum, Disuruh Foto Tak Senonoh

Seorang pelamar kerja mendapatkan sesuatu yang tak wajar saat mengisi formulir, dia mendapati pertanyaan berbau pornografi.

Miris! Tiktoker Cantik ini Dibully Gegara Miliki Tanda Lahir di Wajah

Meski mempunyai wajah rupawan, Tiktoker Ika Masriana sering mendapatkan bully-an lantaran memilliki tanda lahir di mukanya.

Reaksi Wanita Ini Saat Dijodohkan dengan Tetangganya Viral di TikTok

Video wanita yang dijodohkan dengan tetangganya ini memperlihatkan momen pertama mereka bertemu.

5 Faktor Ini Tentukan Tingkat Keparahan Efek Traumatis Anak Korban Kekerasan Seksual

Namun efek traumatis yang dirasakan setiap anak korban seksual berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.

Bukan Hanya Alga, Bahan Pangan Ini Diprediksi Jadi Makanan Masa Depan Manusia

Alga yang sudah berbentuk kapsul itu dianggap menjadi makanan masa depan karena dianggap praktis untuk dikonsumsi.

Tidak Ada Riwayat Sakit Seperti Tukul Arwana, Berapa Besar Risiko Terkena Pendarahan Otak?

Meski tidak ada riwayat sakit sebelum terkena pendarahan otak, namun sebenarnya Tukul Arwana sudah menunjukkan sejumlah gejala.

3 Doa Agar Dagangan Laris, Mari Diamalkan

Salah satu ihktiar agar dagangan laris adalah dengan berdoa memohon kepada Allah SWT.

9 Daerah di Jawa Tengah Endemis, Begini Cara Pencegahan Kaki Gajah

Sebelum melakukan pencegahan, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab penyakit kaki gajah.

Daftar Harga Rokok Terbaru 2021, dari Paling Murah hingga Termahal

Ini dia daftar harga rokok terbaru 2021 dari paling murah hingga paling mahal setelah kenaikan cukai rokok pada awal 2021 sebesar 12,5 persen.

Awas! 12 Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Pendarahan Otak Seperti Tukul Arwana

Tips kesehatan kali ini membahas 12 gejala yang bisa menjadi penanda seseorang terkena pendarahan otak.

Alas Bedak Mengandung SPF, Efektifkah Lindungi Kulit dari Sinar Matahari?

Saat ini sudah banyak alas bedak memiliki kandungan SPF, sehingga praktis dipakai.

Doa Agar Diberi Ketenangan Hati dan Pikiran dalam Islam

Berikut ini terdapat bacaan doa agar diberi ketenangan hati dan pikiran dalam Islam yang dijelaskan oleh Nahdlatul Ulama atau NU.

Kabar Baik! Risiko Anak Mengalami Long Covid-19 Rendah

Meskipun lebih kecil, risiko long Covid-19 pada anak tetap ada.

Gokil! Pengusaha Batam Beli Kantong Udara Las Vegas Arief Muhammad Rp210 Juta!

Deal pembelian kantong berisi udara Las Vegas Arief Muhammad lewat penawaran di media sosial.

Viral! Truk Terbang Diangkut Helikopter, Netizen Mengira Mainan

Video menunjukkan truk yang diangkut helikopter menjadi perbincangan netizen di dunia maya, bahkan ada yang menganggap mainan anak.

Viral Pengendara Motor di Pekalongan Masturbasi di Pinggir Jalan, Begini Kesaksian Saksi mata

Seorang pria pengendara motor ketahuan melakukan aksi tak senonoh di depan umum yakni bermasturbasi. Seorang saksi mata menceritakan kronologi kejadian tersebut.