SOLOPOS.COM - Ilustrasi perumahan ideal (freepik)

Solopos.com, SOLO – Bagi kamu yang hendak meminang sebuah hunian, banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Supaya tidak menyesal di kemudian hari, sebaiknya kamu melihat dengan jeli lingkungan sekitar perumahan tersebut.

Tidak semua lokasi bisa cocok dengan kehidupan kamu sehari-hari. Begitu pula anggota keluargamu, mereka juga harus ikut andil dalam penentuan lokasi rumah yang akan dipinang. Ini bertujuan agar antar anggota keluarga terjadi harmonisasi pada aktivitas sehari-harinya nanti. Berikut beberapa faktor saat memilih lokasi rumah yang ideal, seperti dikutip dari rumah123.com:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Plafon Rumah Bermasalah? Ini Tips Mengatasinya

1. Akses ke lokasi mudah
Akses menjadi salah satu poin penting ketika ingin membeli rumah di kawasan perumahan. Meskipun banyak perumahan yang menawarkan fasilitas internal hingga desain hunian modern, tapi akses ke luar dan ke dalam area perumahan sangat sulit dijangkau, seperti jalan rusak dan berlumpur. Lokasi perumahan yang baik haruslah memiliki akses kendaraan yang mudah baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Ada kriteria akses yang baik sekaligus menguntungkan untuk jangka panjang, yakni akses perumahan dekat pintu tol yang bisa memudahkan mobilitas penghuninya. Hal ini jelas berbeda, jika kamu memilih tinggal di perumahan yang jauh dari pusat transportasi ataupun jalan tol karena harganya murah.

Dekat Fasilitas Umum

2. Kawasan TOD
Kawasan Transit Oriented Development (TOD) menggabungkan guna lahan residensial, perdagangan, jasa, perkantoran, ruang terbuka, dan ruang publik sehingga memudahkan masyarakat dan pengguna untuk melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, sepeda, maupun moda transportasi umum. Rata-rata perumahan yang mengusung konsep TOD biasanya terletak di tengah kota ataupun di pinggiran kota, namun tetap terintegrasi dengan transportasi publik seperti LRT.

3. Fasilitas publik lengkap
Cara memilih lokasi perumahan yang baik selanjutnya adalah dekat dengan fasilitas umum. Fasilitas umum menjadi poin penting yang wajib kamu perhatikan apalagi kalau tujuan kamu membeli rumah adalah untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan. Mendapatkan perumahan dengan fasilitas publik yang mudah dijangkau memang jadi impian banyak orang. Beberapa fasilitas umum yang harus ada di dalam maupun di luar kawasan perumahan yakni rumah sakit, fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan dan area rekreasi.

4. Hindari kawasan bencana alam
Mungkin kamu iri dengan orang-orang yang tinggal dekat dengan pantai atau pegunungan karena bisa setiap hari menikmati panorama yang menakjubkan. Tapi, perlu kamu ketahui kawasan tersebut bisa membahayakan kamu dan keluarga. Area tersebut bisa menjadi langganan bencana alam seperti gempa, erupsi, badai, hingga banjir rob.

Konsep Ramah Lingkungan

Pilihlah lokasi perumahan bebas bencana alam termasuk banjir yang sering terjadi di kawasan perkotaan saat musim hujan tiba. Cara mudah untuk mengetahui perumahan bebas banjir adalah dengan mengecek sistem drainase, pengelolaan sampah, kondisi tanah, hingga jarak antar rumah. Jika kamu enggan melakukan itu semua, kamu bisa pilih perumahan yang mengusung konsep ramah lingkungan yang pastinya aman, bebas banjir dan memiliki sistem resapan air yang baik.

Baca Juga: Teras Rumahmu Sempit? Ini 6 Tips Menata Teras Supaya Rapi

5. Dekat pusat bisnis terpadu
Dikenal dengan wilayah yang ramai dan sibuk, kawasan pusat bisnis bisa kamu pertimbangkan dalam memilih lokasi perumahan yang baik. Selain lokasi strategis, rata-rata pusat bisnis telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik yang prima serta akses yang mudah.

Kondisi itu membuat banyak orang mencari perumahan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Apalagi jika kamu seorang pekerja yang dituntut serba cepat dan fleksibel. Lokasi hunian yang dekat dengan pusat bisnis bisa dibilang cukup mahal, namun sebanding dengan nilai investasi yang menjanjikan pasa masa mendatang.

6. Lokasi dengan keamanan terjamin
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu memilih rumah yang sudah dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi seperti one gate system atau double gate system. Lalu, ada juga kamera CCTV yang mengawasi area perumahan 24 jam di setiap sudut serta penjaga keamanan profesional yang siap siaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya