Mau Beli Motor Baru? Ini Tips dari Honda...
Ilustrasi menunggangi sepeda motor baru. (Semarangpos.com-Astra Motor Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Banyaknya produk baru sepeda motor yang muncul di pasaran kerap membuat kita tergoda. Berbagai teknologi dan kecanggihan yang ditawarkan membuat kita menjadi tergiur untuk membeli sepeda motor baru itu.

Namun kadang pilihan motor baru itu tidak sesuai dengan kebutuhan atau aktivitas kita. Alhasil, sepeda motor baru itu pun menjadi jarang dipakai dan kemudian dijual dengan harga yang lebih rendah dibanding harga belinya.

Nah, Astra Motor Jawa Tengah (Jateng), selaku dealer utama sepeda motor Honda di Jateng memiliki tips memilih sepeda motor baru yang tepat.

Menurut Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, ada beberapa cara bagaimana mencermati agar kita bisa mudah menentukan kendaraan yang dibeli cocok, sesuai, nyaman, dan menyenangkan sehingga tak membuat penyesalan di kemudian hari.

Menurut Oke membeli sepeda motor haruslah disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan sehari-hari seperti untuk bekerja, berbelanja ke pasar, antar jemput anak, sekolah, berkomunitas, dan hobi.

"Kebutuhan bisa diartikan secara ringkas yakni fungsional atau mengutamakan fungsi, praktis, dan kebergunaan tinggi, hobi," ujar Oke dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Minggu (22/12/2019).

Selain kebutuhan, Oke menilai memilih sepeda motor harus ditentukan juga dengan kondisi jalan yang sering ditemui. Kondisi jalan misal dalam atau luar kota, sempit atau lebar, hingga melewati jalanan macet dan lain-lain.

"Kondisi jalan sangat menentukan dalam pemilihan ban, kehandalan suspensi, ketinggian motor dari tanah, serta kemudahan dalam mengendalikan motor berhubungan dengan posisi berkendara sehingga membantu anda lebih siap melaluinya dan tentunya aman serta menyenangkan," imbuh Oke.

Oke menyebut dimensi kendaraan juga harus menjadi patokan dalam memilih kendaraan baru. Selain itu, efisiensi bahan bakar juga layak dipertimbangkan saat ingin memilih motor baru yang tepat.

“Dari sudut pandang safety riding, memilih membeli sepeda motor yang tepat secara fungsi dan kebutuhan penggunanya sangat berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan di jalan raya. Jika kita memilih kendaraan tanpa mempertimbangkan postur, akan berakhir dengan kesulitan mengendalikan kendaraan bermotor. Bahkan di beberapa kasus, ada yang memilih motor dengan cc besar tapi belum mahir berkendara, sehingga menyebabkan rawan terjadi kecelakaan,” terang Oke.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom