SOLOPOS.COM - Ilsutrasi/dok

Ilsutrasi/dok

JOGJA—Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) DIY menyampaikan wajar jika material kali Gendol masih panas. Suhu material bisa mencapai ratusan derajat celcius.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tapi panasnya material tidak ada hubungannya dengan perut bumi atau dalam perut Merapi. “Itu hanya sisa muntahan material erupsi Merapi 2010 lalu,” ujar Kasi Gunung Merapi Sri Sumarti, hari ini (19/12/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Ketika erupsi Merapi 2010 suhu material yang keluar dari puncak mencapai 600 derajat celcius. Material menumpuk di kali Gendol hingga 30 meter. Wajar jika saat ini masyarakat masih menemukan kepulan asap disela lava.

Lahar merupakan material piroklastik yang mengalir akibat bercampur dengan air hujan. Meskipun material lahar tersusun atas abu gunung api dan fragmen batuan, tetapi banjir lahar mampu mengalir lebih deras dan lebih cepat jika dibandingkan dengan aliran air biasa.

Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa kecepatan aliran lahar bisa mencapai lebih dari 65 kilometer per jam dan dapat mengalir deras hingga jarak lebih dari 80 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya