SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)--Materi pembelajaran Matematika tingkat SD dan SMP seharusnya bisa terintegrasi sehingga siswa tidak mengalami kesulitan saat menerima pelajaran tersebut di jenjang yang lebih tinggi.

Kondisi yang sekarang ini dihadapi di sekolah, siswa mengalami kesulitan untuk mempelajari materi Matematika di jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena pengetahuan dasar mereka tentang pelajaran ini masih kurang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Plh Kepala Pusat Pengembangan, Pemberdayaan, Pendidik dan Tenaga Pendidikan (P4TK) Matematika, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Yogyakarta, Ganung Anggraeni, kondisi semacam ini menjadi tantangan bagi guru untuk mengajak anak memahami dan memaknai materi pelajaran matematika. Lebih lanjut dia mengungkapkan untuk menguasai pelajaran ini mereka tidak bisa diberikan hanya sekadar rumus. Mereka juga harus mengasah nalar dan logika setiap kali menyelesaikan soal-soal Matematika.

“Guru wajib mengulang pelajaran Matematika jika ada siswa yang belum menguasai pembelajaran sebelumnya. Bagaimana bisa mereka melanjutkan materi pelajaran yang lebih rumit dan kompeks, jika pelajaran dasarnya belum dikuasai?” tegas dia saat dijumpai Solopos.com di sela-sela acara Seminar Nasional dan Kompetisi Matematika Solo Tahun 2011, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP/MTS yang digelar di SMPN 9 Solo.

Dia mengungkapkan untuk mengasah daya nalar dan logika, siswa dapat dikenalkan dengan berbagai alat peraga Matematika. Pada prinsip, guru harus lebih kreatif untuk memancing kemampuan mereka. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menyelesaikan soal Matematika, terkait ini guru lebih dinamis menangkap pemahaman mereka.

“Jangan remehkan usaha mereka saat  menyelesaikan soal-soal Matematika dengan cara lain, barangkali cara tersebut justru lebih mudah untuk menguasai materi pelajaran,” jelas dia.

(das)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya