SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Google selalu mengingatkan tentang hari penting yang tercatat dalam sejarah lewat doodle. Seperti pada Kamis (7/3/2019), Google doodle menampilkan karikatur wanita lengkap dengan simbol rumus matematika. Bukan tanpa alasan, Google memang sedang mengingatkan hari lahir mendiang ahli matematika Rusia, Olga Ladyzhenskaya.

Dikutip dari ensiklopedia daring, Wikipedia, wanita kelahiran Kologriv, Rusia, 7 Maret 1992 itu meninggal di Saint Petersburg, 12 Januari 2004. Olga Ladyzhenskaya dikenal lewat karyanya, persamaan diferensial. Dia adalah anak dari seorang guru matematika.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikabarkan Newscom.au, kehidupan Olga Ladyzhenskaya yang awalnya bahagia berubah saat berusia 15 tahun seusai ayahnya dipenjara. Ayahnya dieksekusi otoritas Uni Soviet karena dituding sebagai musuh negara. Sejak saat itu, Olga bersama saudaranya membantu ibunya menjual sepatu, pakaian, serta sabun untuk bertahan hidup.

Ekspedisi Mudik 2024

Olga Ladyzhenskaya tercatat sebagai siswa yang cerdas. Namun, dia ditolak masuk Universitas Leningrad, Rusia, karena ayahnya dituding sebagai musuh negara. Dia akhirnya menjajal peruntungan menjadi guru matematika untuk siswa sekolah menengah.

Setelah bertahun-tahun melakoni pekerjaan itu, Olga Ladyzhenskaya akhirnya mendapat kesempatan kuliah di Universitas Negeri Moskow. Dia belajar langsung dari matematikawan kenamaan, Ivan Petrovsky. Dia meraih gelar PhD dari kampus tersebut sehingga terpilih sebagai Kepala Laboratorium Matematika di Institut Matematika Steklov, Rusia.

Sepanjang hidupnya, Olga Ladyzhenskaya telah menulis lebih dari 250 makalah. Karyanya yang paling fenomenal adalah persamaan diferensial yang menunjukkan bagaimana sejumlah variabel berhubungan dalam ruang dan waktu. Persamaan diferensial juga memungkinkan untuk memprediksi pergerakan awan badai. Kontribusi yang luar biasa di dunia matematika membuatnya meraih medali emas Lomonosov dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia pada 2002.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya