SOLOPOS.COM - Para penari yang terlibat yang terlibat pementasan matahati tengah berlatih di panggung di Pamedan Mangkunegaran, beberapa waktu lalu. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Para penari yang terlibat yang terlibat pementasan matahati tengah berlatih di panggung di Pamedan Mangkunegaran, beberapa waktu lalu. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SOLO – Pertunjukan sendratari kolosal Matahati di Pamedan Mangkunegaran akhir pekan mendatang terlihat sangat menarik perhatian. Buktinya tiket berbayar untuk pertunjukan perdana tanggal 8 September sudah habis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Yang tanggal 9 dan 10 kurang dari 10%,” ujar Public Relation Global 3 L, Willy Priyoko. Ditambahkannya, tiket undangan gratis yang juga disediakan juga lebih dibatasi untuk memrioritaskan penonton dari lingkup komunitas budaya baik yang umum maupun yang berada di institusi pendidikan. Masyarakat umum yang ingin menyaksikan pertunjukkan ini lewat kelas festival bisa mengambil undangan ke sejumlah media massa di Solo dengan jumlah yang dibatasi.

Undangan untuk penonton kelas festival, kata , didistribusikan ke sejumlah titik. Di antaranya kantor media massa di Solo, seperti SOLOPOS, Joglosemar, Radar Solo, Solo Radio, Prambors, Metta FM dan Solo Radio. Ditambah undangan oleh Pemkot yang bakal diberikan kepada masyarakat Solo setiap hari selama pertunjukkan di Pasar Triwindu. “Tapi kalau masih ada ya. Soalnya setiap instansi kami batasi,” terangnya.

Willy menjelaskan distribusi undangan kelas festival memang diprioritaskan untuk komunitas budaya dan pendidikan agar penonton pertunjukkan itu tepat sasaran. Pasalnya, pertunjukkan Matahati sekaligus sebagai proses sosialisasi tradisi kepada generasi muda. Ia berharap setelah acara itu, sejumlah institusi pendidikan yang diundang turut melestarikan budaya dan tradisi. “Arahannya seniman Solo bisa berbagi energi dan membangkitkan anak-anak agar mencintai budaya dan tradisi,” tambahnya.

Sebanyak 5.000 undangan kelas festival bakal memenuhi pertunjukkan Matahati setiap harinya yang dimulai Sabtu-Senin (8/8-10/8/2012) di pamedan Mangkunegaran ini. Pemegang undangan kelas festival gratis memasuki area pertunjukkan dengan posisi menonton lesehan di depan panggung. Sementara, penonton kelas 1 VIP dan VVIP yang menonton pertunjukkan dua jam ini di tribun tetap diwajibkan membeli tiket dengan harga bervariasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya